kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiket kereta arus balik Lebaran hampir habis


Rabu, 25 Mei 2016 / 16:45 WIB
Tiket kereta arus balik Lebaran hampir habis


Sumber: Antara | Editor: Dikky Setiawan

JEMBER. Tiket kereta api untuk arus balik Lebaran 2016 di berbagai stasiun tujuan di wilayah Daerah Operasi (Daop) IX Jember, Jawa Timur, hampir habis.

"Hingga hari ini tercatat penjualan tiket kereta api untuk arus balik Lebaran di wilayah Daop IX Jember sudah lebih dari 80 persen, bahkan untuk tanggal tertentu sudah ludes," kata Manajer Humas PT Kereta Api Daerah Operasi IX Jember, Krisbiantoro saat dihubungi dari Jember, Rabu (25/5).

Menurut dia, kereta api ekonomi (PSO) yang memiliki okupansi di atas 80 persen yakni KA Logawa dengan tujuan Jember untuk keberangkatan 2-17 Juli 2016, kemudian KA Logawa tujuan Surabaya-Purwokerto untuk keberangkatan 29-30 Juni 2016, 1 Juli hingga 14 Juli 2016.

Selanjutnya KA Sritanjung dengan tujuan Jember/Banyuwangi untuk keberangkatan 2-15 Juli 2016, KA Sritanjung dengan tujuan Surabaya/Lempuyangan Yogyakarta terjual di atas 80 persen untuk keberangkatan 30 Juni 2016, 1 Juli hingga 12 Juli 2016.

"Ada beberapa tanggal keberangkatan yang sudah habis tiketnya selama arus mudik dan balik Lebaran 2016, sehingga petugas tidak dapat melayani pemesanan tiket lagi di sejumlah stasiun atau melalui dalam jaringan (daring)," katanya.

Informasi yang dihimpun di lapangan, kepadatan penumpang kereta di wilayah Daop IX Jember sepanjang Pasuruan hingga Banyuwangi justru terjadi pada arus balik Hari Raya Idul Fitri, setiap tahunnya.

Menurut dia, PT KAI mulai membuka penjualan tiket kereta api untuk mudik Lebaran 2016 pada 28 Maret 2016, sehingga banyak masyarakat yang langsung membeli tiket untuk arus mudik dan balik agar tidak kehabisan tiket kereta.

"Data perkembangan penjualan tiket tersebut akan bergerak terus karena pemesanan tiket masa angkutan Lebaran masih berlangsung dan dapat dipesan atau dibeli melalui daring, sehingga dalam hitungan jam bisa berubah jumlah ketersediaan tempat duduk di sejumlah rangkaian gerbong kereta api," ujarnya.

Krisbiantoro mengimbau masyarakat melakukan pemesanan tiket kereta jauh-jauh hari atau 90 hari sebelum keberangkatan melalui laman tiket.kereta-api.co.id, aplikasi telepon pintar, Contact Center KAI 121, agen tiket KA, toko modern berjaringan, Kantor Pos, Pegadaian, E-kios, dan kanal-kanal eksternal lainnya.

Rangkaian kereta yang beroperasi di wilayah Daop IX Jember yakni kereta kelas eksekutif dan bisnis KA Mutiara Timur jurusan Banyuwangi-Surabaya, kemudian kereta kelas ekonomi KA Logawa jurusan Jember-Purwokerto.

Selanjutnya, KA Sritanjung jurusan Banyuwangi-Lempuyangan Yogyakarta, KA Tawangalun jurusan Banyuwangi-Malang, KA Probowangi jurusan Banyuwangi-Surabaya, dan KA Pandanwangi jurusan Banyuwangi-Jember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×