kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan layanan, Pelabuhan Tanjung Priok beroperasi 24 Jam


Minggu, 04 Februari 2018 / 12:58 WIB
Tingkatkan layanan, Pelabuhan Tanjung Priok beroperasi 24 Jam
ILUSTRASI. Kapal Memuat Petikemas di Pelabuhan


Sumber: Antara | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengeluarkan Surat Edaran Nomor UM. 003/3/20/OP.TPK18 pada 31 Januari 2018 tentang Pelayanan Penerimaan dan Pengiriman Barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok 24 Jam Sehari dan 7 hari dalam seminggu.

Surat edaran tersebut dikeluarkan guna meningkatkan kelancaran arus barang, menurunkan waktu inap barang di pelabuhan (dweeling time), dan menurunkan biaya logistik.

Surat Edaran yang ditandatangani Kepala OP Utama Tanjung Priok, Arif Toha ditujukan untuk Instansi Pemerintah dan Pelaku Usaha yang terkait dengan proses penerimaan dan pengiriman barang wajib memberikan pelayanan 24/7 yaitu jam kerja kantor layanan selama 24/7 dan/atau penyediaan sistem informasi/aplikasi layanan.

Arief mengatakan, sosialisasi dan tata cara pemberian layanan 24/7, tersebut harus dilakukan pelaku usaha terkait kepada pengguna jasa kepelabuhanan yang dilayani.

"Bagi pengguna jasa kepelabuhanan yang mengalami hambatan dalam proses penerimaan dan pengiriman barang dapat melaporkan ke Kantor OP Utama Tanjung Priok," ujar Arif dalam keterangan resminya yang dikutip, Minggu (4/2).

Arief mengungkapkan, jika ditemukan ada pihak-pihak yang tidak memberikan layanan 24/7 maka selanjutnya akan dilakukan evaluasi dan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan perlunya penambahan jam operasional Pelabuhan Tanjung Priok dari lima hari menjadi tujuh hari penuh agar dapat menekan biaya logistik di Indonesia.

Selain komitmen pelaksanaan pelayanan 24/7 di Pelabuhan Tanjung Priok, kata Budi, penerapan Inaportnet secara konsisten di Pelabuhan Tanjung Priok harus dapat dilaksanakan pada akhir Februari 2018 ini.

Dengan implementasi Inaportnet di Pelabuhan Tanjung Priok di akhir Februari 2018, Menhub menargetkan akan tercapai beberapa hal di Pelabuhan Tanjung Priok yaitu biaya yang lebih murah dan kompetitif, sistem yang lebih mudah, dan lebih transparan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×