kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tips membersihkan rumah secara efektif


Rabu, 03 Mei 2017 / 17:09 WIB
Tips membersihkan rumah secara efektif


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Ketika libur tiba hal yang paling pas untuk dilakukan adalah membersihkan barang-barang yang berada di dalam rumah, entah pakaian, jendela bahkan furnitur. Sayangnya, tidak semua kegiatan ini dapat dilakukan dengan efektif dan benar.

Jika kegiatan bersih-bersih rumah dilakukan dengan keliru, rumah bukan berubah menjadi semakin bersih, namun malah menjadi semakin kotor. Padahal, waktu yang digunakan untuk bersih-bersih sangat terbatas, hanya beberapa jam saja dalam sehari.

Agar kegiatan bersih-bersih yang Anda lakukan tidak akan sia-sia, ada beberapa hal yang bisa Anda ikuti.

Membersihkan lantai hanya dengan pel

Bila rumah Anda menggunakan lantai keramik dan sudah lama tidak dibersihkan, lebih baik Anda menyikat lantai tersebut dengan menggunakan spons atau sikat. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang berada di sela-sela lantai keramik. Contohnya keramik yang berada di teras dan kamar mandi. Ketika akan membersihkan, oleskan cairan pembersih terlebih dahulu dan diamkan agar seluruh kotoran dapat terangkat.

Hanya menggunakan kemoceng

Tahukah Anda? sebenarnya kemoceng ini bukan digunakan untuk membersihkan debu, namun kemoceng hanya bisa memindahkan debu dari satu tempat ke tempat lainnya dan tidak benar-benar membersihkannya. Sebagian debu yang berada di kemoceng malah bisa menyebar ke furnitur yang lain. Oleh sebab itu bersihkan furnitur dengan menggunakan kain basah dan lap menggunakan kain kering, bukan hanya sekedar membersihkan menggunakan kemoceng.

Bersihkan jendela ketika cuaca panas

Ketika Anda menyemprotkan cairan pembersih jendela ke arah kaca ketika matahari sedang panas-panasnya, udara panas bisa membuat cairan menjadi lekas kering. Ini malah akan menimbulkan noda di kaca. Noda ini seringnya sukar dibersihkan, lebih-lebih bila jendela Anda begitu kotor.

Menggunakan lap yang sama

Biasanya hal ini dilakukan karena kita kurang teliti atau malas mencuci lap yang banyak. Agar kegiatan bersih-bersih bisa irit penggunaan lap, kita akan menggunakan satu lap untuk berbagai macam perabotan. Bayangkan saja, bukan perabotan akan bersih, namun perabotan Anda akan menjadi semakin kotor. Lebih baik pisahkan lap untuk perabotan yang benar-benar kotor dan membilasnya sebelum digunakan membersihkan perabotan lain.

Sumber : Rumahku.com 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×