kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trans Retail targetkan tambah 100 gerai


Rabu, 05 Oktober 2016 / 11:20 WIB
Trans Retail targetkan tambah 100 gerai


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. PT Trans Retail Indonesia mematok target ambisius. Dalam tiga tahun mulai tahun 2017, perusahaan yang merupakan bagian dari CT Corp, tersebut ingin menambah 100 gerai Transmart Carrefour.

Trans Retail sudah menetapkan pembagian target. Tahun 2017 dan 2018, perusahaan ini akan menambah masing-masing 30 gerai. "Lalu 40 toko di tahun 2019," ungkap Satria Hamid Ahmadi, General Manager Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia saat dihubungi KONTAN, Senin (3/10).

Luas masing-masing gerai tak semuanya seragam. Trans Retail mematok rentang luasan gerai Transmart Carrefour 11.000 meter persegi (m²)-12.000 m².
Mengenai lokasi, Trans Retai tak menyebutkan secara spesifik lokasi yang diincar. Yang pasti, arah pengembangan bisnis mereka tak cuma di Jawa, melainkan juga hingga ke luar Jawa.

Tentu rencana ambisius tersebut meminta tumbal investasi yang tak sedikit. Hanya saja, manajemen Trans Retail masih bungkam soal total investasi yang dipersiapkan. Alasannya, nilai investasi setiap gerai berbeda. Dus, tak ketahuan pula sumber pendanaan yang akan digelontorkan perusahaan milik taipan Chairul Tandjung itu.

Menurut pemberitaan KONTAN sebelumnya, manajemen Trans Retail menyebutkan, membutuhkan dana antara Rp 15 miliar-Rp 300 miliar untuk mendirikan satu gerai. Sebab, dalam gerai Transmart Carrefour membutuhkan fasilitas arena bermain dan tempat hiburan.

Gambaran lain, PT Adhi Karya (Persero) Tbk pernah mendapatkan kontrak pembangunan gerai Transmart di Maguwo, Yogyakarta. Menurut keterangan resmi di situs Adhi Karya pada Mei 2016, nilai kontrak Transmart itu Rp 146,1 miliar.

Tentu tak cuma mengincar perluasan jaring bisnis. Trans Retail ingin pendapatan juga bertambah. Sukur-sukur, cuan semakin tebal.

Makanya, Trans Retail akan mengiringi rencana memperbanyak gerai dengan strategi sinergi  bersama anak usaha lain di bawah Trans Corp. "Kami akan meneruskan promosi menggunakan kartu debit Bank Mega dengan potongan sebesar 5%," kata Satria.

Sinergi bisnis lain adalah dengan  Trans Studio. Secara bertahap, Trans Retail akan menyematkan mini Trans Studio di gerai Transmart Carrefour.

Sejauh ini, kontributor terbesar Transmart Carrefour adalah segmen makanan. Hanya lagi-lagi, perusahaan itu pelit berbagi informasi. Tak ada informasi yang mereka bagikan perihal realisasi maupun target penjualan.

Kembali mengintip catatan KONTAN, manajemen Trans Retail menyatakan  akan menambah sekitar 10 gerai Transmart Carrefour sampai akhir 2016. Kalau semua target penambahan gerai terealisasi, sampai akhir tahun ini bakal ada 102 gerai Transmart Carrefour.

Pada akhir tahun nanti, Trans Retail  berencana merealisasikan pembukaan gerai di Indonesia timur. Eksodus ke wilayah timur tersebut ditargetkan berlanjut hingga tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×