kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Axiata gaet produsen dan distributor smartphone


Selasa, 16 Mei 2017 / 23:52 WIB
XL Axiata gaet produsen dan distributor smartphone


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Perusahaan telekomunikasi, PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengantisipasi bertambahnya jumlah pengguna smartphones 4G. Hal itu lantaran terus meningkatnya penggunaan data.

XL menerapkan beberapa teknologi 4.5G ready di kota-kota dengan tingkat penetrasi 4G yang tinggi. Guna memastikan layanan tersebut berfungsi baik, diperlukan dukungan dari sisi ketersediaan perangkat smartphone beserta fitur-fitur pendukungnya di pasar Indonesia. Perusahaan pun menggandeng sejumlah produsen dan distributor smartphone.

Vice President LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono mengatakan, dalam satu tahun terakhir ini, pertumbuhan jumlah pengguna smartphone di XL sangat tinggi. Yakni tumbuh dari 21% menjadi 63% dari total pelanggan XL Axiata saat ini.

Penggunaan layanan data sudah mencapai 3,600 TB per hari dan diprediksi akan tumbuh semakin besar. "Layanan video streaming menjadi layanan yang paling banyak diakses pelanggan yang menggunakan smartphones," ujar Rahmadi dalam keterangan tertulis, Selasa (16/4).

Sementara, Vice President Service Operation Management XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, XL mengantisipasi pertumbuhan jumlah smartphones yang semakin banyak dengan konsumsi data yang meningkat pesat.

XL Axiata meningkatkan kemampuan dan kapasitas jaringan dengan teknologi-teknologi pendukung 4.5G di antaranya 4x4 MIMO, modulasi tinggi 256 QAM dan Carrier Aggregation (CA) frekuensi LTE 1800 MHz dengan LTE 2100 MHz/900 MHz.

"Penerapan teknologi ini memerlukan dukungan dari sisi smartphone yang mendukung teknologi teknologi 4.5G ini sehingga manfaatnya akan dirasakan oleh pelanggan," terangnya.

Rahmadi menambahkan, perlu adanya kerja sama yang erat antara XL Axiata sebagai operator dengan produsen smartphone. Sehingga akan terbentuk ekosistem yang mendukung layanan teknologi teknologi 4.5G. Teknologi yang dibangun di jaringan bisa disesuaikan dengan teknologi di sisi smartphones sehingga manfaatnya secara nyata bisa dirasakan oleh pelanggan, seperti koneksi yang lebih cepat, dan stabil.

Selain itu, peningkatan itu agar mampu melayani jumlah pengguna smartphone yang akan semakin banyak pada masa mendatang.

Untuk keperluan itu pula XL Axiata membangun 4.5 Xperience Zone di 20 lokasi yang tersebar di Jabotabek, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, NTB, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi yang bisa digunakan untuk pengujian smartphone yang akan dipasarkan di Indonesia oleh para produsen dan distributor smartphone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×