INDUSTRI
Berita
10 merek sepatu Indonesia incar Negeri Jiran

EKSPOR SEPATU

10 merek sepatu Indonesia incar Negeri Jiran


Telah dibaca sebanyak 2517 kali
10 merek sepatu Indonesia incar Negeri Jiran

JAKARTA. Asosiasi persepatuan Indonesia (Aprisindo) berencana untuk menggenjot kinerja ekspor sepatu ke wilayah ASEAN khususnya Malaysia. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Aprisindo, Binsar Marpaung di Jakarta, Senin (21/5).

Binsar bilang, saat ini pangsa ekspor sepatu anggota Aprinsido ke wilayah ASEAN baru mencapai 7% sampai 8% dari total ekspor sepatu. Tahun ini, Aprisindo berharap pangsa ekspor sepatu di ASEAN bisa naik menjadi 10%.

Salah satu usaha untuk menggenjot pasar sepatu ke ASEAN itu, Binsar membidik pasar sepatu di Malaysia. Saat ini, sepatu made in Indonesia sudah menguasai 1% pasar sepatu di Malaysia. Harapannya , pangsa pasar sepatu merek dari Indonesia bisa membesar hingga 5%.

"Saat ini, baru ada dua merek sepatu asal Indonesia di Malaysia," kata Binsar di Jakarta, Senin (21/5). Binsar menargetkan, akan ada 10 merek sepatu asal Indonesia yang akan merambah pasar Malaysia.

Selain penetrasi ke Malaysia, sepatu asal Indonesia diharapkan tembus pasar Thailand dan Filipina. Saat ini, baru ada dua merek sepatu Indonesia yang ada di kedua negara tersebut.

Secara umum, Binsar menargetkan, kinerja ekspor sepatu tahun ini bisa tembus US$ 4 juta atau tumbuh sekitar 20% dari realisasi ekspor tahun sebelumnya senilai US$ 3,3 juta.

Saat ini, pasar ekspor sepatu andalan masih ke Eropa dengan porsi ekspor 35% dengan nilai ekspor tahun lalu sekitar US$ 1,15 juta. Setelah Eropa, ekspor sepatu selanjutnya menyusul ke Amerika Serikat (AS) yang menempati urutan kedua dengan porsi sebesar 25% dengan nilai sekitar US$ 835.000. "Dari keseluruhan ekspor, 70% adalah sepatu sport," ujar Binsar.

Editor: Asnil Bambani Amri
Telah dibaca sebanyak 2517 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Ada ratusan produk, pilih mana?

    +

    Ada sekitar 850 produk reksadana beredar saat ini. Pilihlah yang sesuai dengan gaya investasimu

    Baca lebih detail..

  • Menimbang return reksdana dan investasi lain

    +

    Return reksadana memang ciamik sepanjang tahun ini. Tapi, belakangan muncul gejolak di pasar. Apakah lebih baik mengamankan aset di instrumen aman seperti deposito, atau emas yang harganya sekarang lebih murah?

    Baca lebih detail..