kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 merek sepatu Indonesia incar Negeri Jiran


Senin, 21 Mei 2012 / 18:53 WIB
10 merek sepatu Indonesia incar Negeri Jiran
ILUSTRASI. Pekerja merawat mobil bekas di slah satu showroom di Tangerang Selatan, Selasa (4/5). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/04/05/2021.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. Asosiasi persepatuan Indonesia (Aprisindo) berencana untuk menggenjot kinerja ekspor sepatu ke wilayah ASEAN khususnya Malaysia. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Aprisindo, Binsar Marpaung di Jakarta, Senin (21/5).

Binsar bilang, saat ini pangsa ekspor sepatu anggota Aprinsido ke wilayah ASEAN baru mencapai 7% sampai 8% dari total ekspor sepatu. Tahun ini, Aprisindo berharap pangsa ekspor sepatu di ASEAN bisa naik menjadi 10%.

Salah satu usaha untuk menggenjot pasar sepatu ke ASEAN itu, Binsar membidik pasar sepatu di Malaysia. Saat ini, sepatu made in Indonesia sudah menguasai 1% pasar sepatu di Malaysia. Harapannya , pangsa pasar sepatu merek dari Indonesia bisa membesar hingga 5%.

"Saat ini, baru ada dua merek sepatu asal Indonesia di Malaysia," kata Binsar di Jakarta, Senin (21/5). Binsar menargetkan, akan ada 10 merek sepatu asal Indonesia yang akan merambah pasar Malaysia.

Selain penetrasi ke Malaysia, sepatu asal Indonesia diharapkan tembus pasar Thailand dan Filipina. Saat ini, baru ada dua merek sepatu Indonesia yang ada di kedua negara tersebut.

Secara umum, Binsar menargetkan, kinerja ekspor sepatu tahun ini bisa tembus US$ 4 juta atau tumbuh sekitar 20% dari realisasi ekspor tahun sebelumnya senilai US$ 3,3 juta.

Saat ini, pasar ekspor sepatu andalan masih ke Eropa dengan porsi ekspor 35% dengan nilai ekspor tahun lalu sekitar US$ 1,15 juta. Setelah Eropa, ekspor sepatu selanjutnya menyusul ke Amerika Serikat (AS) yang menempati urutan kedua dengan porsi sebesar 25% dengan nilai sekitar US$ 835.000. "Dari keseluruhan ekspor, 70% adalah sepatu sport," ujar Binsar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×