kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Mobil Honda ini dapat diskon pajak, harga diumumkan 1 Maret 2021


Senin, 01 Maret 2021 / 06:54 WIB
4 Mobil Honda ini dapat diskon pajak, harga diumumkan 1 Maret 2021
ILUSTRASI. Konsumen yang ingin membeli mobil merek Honda, ada empat model yang menerima insentif pajak PPnBM. REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada Jumat (26/2/2021), petunjuk pelaksanaan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) resmi diumumkan pemerintah. Insentif PPnBM sebesar 100% sudah bisa dinikmati mulai 1 Maret 2021 dan bakal berlaku selama tiga bulan. 

Konsumen yang ingin membeli mobil merek Honda, ada empat model yang menerima insentif ini. 

Berdasarkan Keputusan Menteri Perindustrian RI Nomor 169 Tahun 2021, produk Honda ini di antaranya Brio RS, Mobilio, BR-V, dan HR-V semua varian.

Keempat mobil ini bisa dikatakan memenuhi syarat penerima insentif PPnBM karena memiliki kandungan komponen lokal 70%. Insentif ini juga hanya bisa dinikmati oleh mobil dengan kubikasi mesin 1.500 cc ke bawah, termasuk di dalamnya kategori sedan dan kendaraan berpenggerak 4x2. Adapun untuk Jazz meskipun memenuhi kriteria Kementerian Perindustrian, namun tampaknya kandungan lokal komponennya belum memenuhi syarat minimum 70%.

Baca Juga: Inilah Mobil yang Mendapat Insentif PPnBM

“Iya Jazz belum masuk. Kalau HR-V maksudnya semua varian 1.5L, varian 1.8L tidak masuk karena syaratnya di bawah 1.500 cc,” ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, kepada Kompas.com (27/2/2021). 

Kemudian, Brio Satya tidak dapat insentif karena sudah mendapat PPnBM 0 persen sejak awal. Sementara CR-V walaupun sudah diproduksi secara Completely Knocked Down (CKD), belum memenuhi kriteria Kementerian Perindustrian. 

Baca Juga: Berlaku mulai hari ini, simak daftar 21 jenis mobil yang dapat insentif PPnBM 0%

Sedangkan model-model seperti City, Civic (Hatchback RS, Turbo, dan Type R), Accord, dan Odyssey merupakan produk yang diimpur secara utuh dari luar negeri.

Meski sudah memastikan produk-produk yang mendapatkan diskon pajak, Billy mengatakan pihaknya belum memastikan harga jual mobil barunya. 

“Peraturan detail pemerintah baru keluar Jumat malam. Harga baru akan kami informasikan ke jaringan distributor kami Senin depan (hari ini, red),” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Mobil Honda yang Dapat Diskon Pajak, Harga Diumumkan 1 Maret 2021"
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Azwar Ferdian

Selanjutnya: Pengamat pajak: Insentif PPnBM dapat mengganggu pasar mobil baru dan bekas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×