: WIB    --   
indikator  I  

70% produksi Sumitomo Indonesia di ekspor ke ASEAN

70% produksi Sumitomo Indonesia di ekspor ke ASEAN

KONTAN.CO.ID - Pabrik alat berat PT Sumitomo S.H.I Construction Machinery Indonesia di Karawang menjadi basis produksi eskavator di Asean. Shoji Uchida, President Director PT Sumitomo S.H.I Construction Machinery Indonesia mengatakan, 70% dari total produksi di pabrik tersebut di ekspor ke seluruh regional Asia Tenggara.

"Sementara sebanyak 30% diserap di dalam negeri. Komposisi Indonesia masih besar ketimbang negara-negara di Asean," kata Uchida pada pameran alar berat JIEXpo (13/9).

Melihat geliat pertumbuhan proyek infrastruktur di Indonesia menyebabkan Sumitomo berharap lebih. "Kami akan terus prioritaskan Indonesia, ke depannya diharapkan 50% penjualan diserap domestik," sebut Uchida.

Untuk itu Sumitomo akan meningkatkan poduksi sesuai dengan pertumbuhan permintaan alat berat di dalam maupun luar negeri. Ia mengaku rencana pengembangan perluasan pabrik sudah ada, dibelakang pabrik existing saat ini ada tanah sisa yang siap jika dipakai untuk menambah bangun pabrik.

Adapun soal Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), Sumitomo mengaku sudah tinggi. Tanpa merinci, Uchida hanya mengatakan bahwa belanja komponen lokal Sumitomo saat ini sudah mencapai 50%.

Demi menumbuhkan penjualan, Sumitomo menggandeng PT Oscar Mas untuk mengatur sales managerial dan after sales. "Oscar Mas yang support penjualan kami di berbagai daerah dalam tiga tahun terakhir ini," terang Uchida.


Reporter Agung Hidayat
Editor Rizki Caturini

INDUSTRI ALAT BERAT

Feedback   ↑ x
Close [X]