kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada kemajuan, tapi realisasi pembangunan smelter masih rendah


Rabu, 18 April 2018 / 19:18 WIB
Ada kemajuan, tapi realisasi pembangunan smelter masih rendah
ILUSTRASI. Tembaga copper


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Realisasi pembangunan fasilitas dan pengolahan mineral (smelter) baik untuk nikel maupun bauksit masih rendah. Padahal, kebijakan ini sudah berlangsung satu tahun sejak terbitnya Peraturan Menteri No. 06 tahun 2017 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pemberian Rekomendasi Pelaksanaan Penjualan Mineral Ke Luar Negeri Hasil Pengolahan dan Pemurnian. 

Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) per Maret 2018 ini. Masih ada beberapa perusahaan yang progress pembangunan smelternya di kisaran 0%-an.

Seperti misalnya untuk smelter nikel. Dari 16 smelter yang berjalan pembangunannya, ada 3 perusahaan yang realisasi pembangunan smelternya masih di angka 0%.

Seperti contoh PT Ceria Nugraha Indotama pada Desember 2017 lalu progres pembangunan smelternya masih 0,03% dan di Maret kemarin baru mencapai 0,529%. Dimana, ia sudah mendapatkan rekomedasi ekspor sekitar 2,3 juta ton dan sudah terealisasi 1,5 juta ton. Selain itu PT Fajar Bakti Lintas Nusantara yang sejak Desember lalu smelternya masih 0% hingga sampai saat ini. Bahkan, ia sudah mendapatkan rekomendasi ekspor 4 juta ton dan realisainya 933.703 ton.

Satu lagi adalah PT Genba Multi Mineral yang pada Januari 2018 ini baru mendapatkan rekomendasi ekspor sebanyak 1,89 juta ton. Namun realisasi pembangunan smelternya masih 0%.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) Bambang Gatot Ariyono mengatakan, jika dalam enam bulan sesuai dari verifikator independen, progres smelternya belum mencapai 90% dari rencana kerja. Maka pihaknya akan mencabut rekomendasi ekspornya. 

Selain dari smelter, begitu juga dengan smelter bauksit. Kementerian ESDM mencatat dari tujuh smelter bauksit, ada tiga perusahaan yang realisasinya masih di angka 0%.

Antara lain, PT Dinamika Sejahtera Mandiri, tercatat saat ini pembangunan smelternya masih 0,483%. Padahal pihaknya sudah mendapatkan rekomendasi ekspor sejak Juli 2017 dengan jumlah 2,4 juta ton.

Lalu PT Kalbar Bumi Perkasa, yang saat ini pembangunan smelternya masih 0,33%, di mana ia mendapatkan rekomendasi ekspor pada Oktober 2017 dengan kuota mencapai 3,5 juta. Selain itu, PT Gunung Bintan Abadi yang baru mendapatkan rekomendasi ekspor pada Maret 2018 ini sehingga realisasinya baru 0%

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengatakan para pelaku usaha telah patuh pada ketentuan yang ditetapkan pemerintah. Hal itu dibuktikan dengan pembangunan smelter yang terus berkembang.

"Tentunya pemerintah memberikan izin ekspor disesuaikan dengan progres pembangunan smelter,” tandasnya kepada KONTAN, Selasa (17/4).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×