kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agung Podomoro akan bangun resor di Ciawi


Selasa, 07 Februari 2012 / 10:04 WIB
Agung Podomoro akan bangun resor di Ciawi
ILUSTRASI. Alat transaksi Cashlez


Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Setelah menggeber Jakarta dengan proyek-proyek superbloknya, PT Agung Podomoro Land Tbk mulai merambah bisnis properti di luar Jakarta. Perusahaan properti ini berniat membangun resor di Ciawi, Jawa Barat yang diberi nama Vimala Hills. Ini merupakan proyek kawasan wisata Agung Podomoro yang pertama.

Sekretaris Perusahaan Agung Podomoro F. Justini Omas menjelaskan, perusahaannya tertarik membangun resor di Ciawi karena melihat ada permintaan di sana. Ciawi memang sudah terkenal sebagai tujuan wisata, tapi di sana belum ada resor yang terpadu.

Hubungan Investor Agung Podomoro Wibisono menambahkan, Ciawi dipilih karena lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta, hanya berjarak 80 meter (m) dari pintu keluar tol Jagorawi. Jarak tempuhnya pun hanya sekitar 40 menit.

Vimala Hills menempati lahan seluas 85 hektar (ha). Nantinya, di sana akan dibangun Hotel Pullman, yang akan menjadi hotel bintang lima pertama yang hadir di Ciawi. Selain itu juga akan didirikan villa, taman rekreasi, kawasan komersial, dan lain-lain. Target pengunjung yang diincar adalah keluarga untuk menginap di villa, maupun pebisnis untuk hotel.

Agung Podomoro telah menuntaskan akuisisi saham PT Putra Adi Prima selaku pemilik lahan Agustus tahun lalu, dengan nilai Rp 300 miliar. Saat ini, resor masih dalam tahap desain. "Perkiraan investasi total antara Rp 1,1 triliun-Rp 1,4 triliun, tapi masih bisa berubah karena desainnya belum final," ujar Wibisono kepada KONTAN, Senin (6/2).

Penjualan Vimala Hills akan dimulai semester satu tahun ini, sekitar Maret-April. Pembangunan fisiknya sendiri akan dimulai akhir tahun ini atau awal tahun depan. Karena ini merupakan proyek jangka panjang, Agung Podomoro membagi pembangunan resor menjadi tiga fase, masing-masing selama dua tahun. Dengan demikian, resor diharapkan rampung dibangun dalam kurun waktu enam tahun.

Wibisono menjelaskan, di fase pertama, kawasan komersial untuk wisata kuliner akan dibangun duluan bersamaan dengan sebagian villa. Selanjutnya di fase kedua akan dibangun hotel dan sebagian villa. Di fase ketiga yang akan dibangun adalah villa sisanya.

Hotel Pullman di Vimala Hills akan memiliki 300 sampai 400 kamar. Sebagian villa di resor akan dioperasikan oleh Pullman untuk disewakan sebanyak sekitar 30 unit, dan sebagian lagi akan dijual sebanyak 600-800 unit. Sayang, Wibisono belum bisa memberi tahu harga jualnya.

Selain memulai pembangunan resor di Ciawi, di tahun ini Agung Podomoro juga masih menyelesaikan pembangunan Hotel J. W. Marriott di Nusa Dua, Bali. Hotel bintang lima ini memiliki 400 kamar dan 17 villa. Perusahaan berharap hotel ni sudah beroperasi sebelum Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Cooperation (KTT APEC) di Bali, akhir 2013. Total investasinya diperkirakan Rp 1 triliun-Rp 1,2 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×