kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akar Panji Ulung pemegang lisensi Kem Chicks


Kamis, 19 Juli 2018 / 20:30 WIB
Akar Panji Ulung pemegang lisensi Kem Chicks


Reporter: Andy Dwijayanto, Barly Haliem | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengelola ritel premium Kem ChicksĀ  angkat bicara ihwal masuknya PT Akar Panji Ulung sebagai pengelola baru Kem Chicks Pacific Place Jakarta. Direktur Utama Akar Panji Ulung Irama Badrianti menyatakan, kerjasama antara PT Boga Catur Rata dan Akar Panji sebatas perjanjian lisensi Kem Chicks.

Alhasil, Kem Chicks tetap dimiliki perusahaan milik keluarga Bob Sadino itu. "Ibaratnya, Akar Panji menjadi master franchise Kem Chicks. Bukan akuisisi dan tidak ada pengalihan saham Kem Chicks," tandas Irama kepada KONTAN, kemarin.

Saat ini, lisensi yang dimiliki Akar Panji juga sebatas pada Kem Chicks yang berlokasi di Pacific Place, Jakarta. "Kem Chicks Kemang tidak termasuk. Jadi, seluruh saham Kem Chicks masih dimiliki keluarga Pak Bob Sadino dan dikelola secara profesional," kata wanita yang juga mengelola aset keluarga Bob Hasan itu.

Menurut Irama, perjanjian kerjasama lisensi itu tercapai pada semester II-2017. Akar Panji akan memegang lisensi Kem Chicks selama selama 10 tahun. "Lisensi ini bisa diperpanjang jika memang dinilai sesuai," kata dia.

Irama juga menegaskan, Akar Panji bukan anak usaha maupun entitas di bawah PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk. Namun, Akar Panji masih terafiliasi dengan emiten saham berkode AISA itu. Sebab, pemilik mayoritas saham Akar Panji adalah Joko Mogoginta yang juga pemilik AISA.

Penjelasan Irama tersebut sekaligus sebagai klarifikasi atas pemberitaan KONTAN. Sebelumnya, KONTAN menuliskan bahwa Akar Panji, bagian dari Grup Tiga Pilar Sejahtera, mengakuisisi porsi saham mayoritas di Kem Chicks Pacific Place dan Kem Chicks Kemang, Jakarta.

Konsep gerai baru

Irama menambahkan, manajemen Kem Chicks sudah menyiapkan sejumlah agenda bisnis. Misalnya, konsep gerai Kem Chicks Pacific Place yang dibuka lagi kuartal I-2018 mengusung konsep baru. Di gerai ini, pengunjung diklaim bisa merasakan pengalaman lain, termasuk menikmati coffee brewing dan memetik sayuran organik sendiri.

Kem Chicks juga tengah menyiapkan gerai baru berkonsep mini bernama Kem Chicks Essentials. Gerai baru seluas 100 m2 ini akan menyasar gedung perkantoran. "Yang disediakan juga hanya kebutuhan dasar konsumen. Misalnya, makanan dan minuman," kata Irama.

Kini, Kem Chicks tengah menyiapkan satu gerai mini itu di salah satu gedung perkantoran di SCBD Jakarta. Targetnya, gerai Essentials bisa beroperasi tahun ini.

Sementara di segmen supermarket, Kem Chicks belum berencana membuka gerai baru dalam waktu dekat. Salah satu pertimbangannya, lokasi premium yang sesuai dengan segmen pasar Kem Chicks relatif terbatas. "Ada rencana membuka di Bali. Tapi masih kami pertimbangkan," kata dia lagi.

Lagi pula, investasi gerai supermarket terbilang besar. Menurut Irama, investasi satu supermarket Kem Chicks perluĀ  sekitar Rp 50 miliar, belum termasuk biaya sewa dan modal kerja. "Kalau investasi gerai Essentials sekitar Rp 1 miliar per gerai," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×