kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AKI targetkan evaluasi proyek infrastruktur kurang dari sebulan


Selasa, 20 Februari 2018 / 20:50 WIB
AKI targetkan evaluasi proyek infrastruktur kurang dari sebulan
Konpers Menteri PUPR Terkait Moratorium Infrastruktur


Reporter: Klaudia Molasiarani | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI) akan memimpin proses evaluasi terhadap proyek-proyek jalan layang atau elevated. Adapun, proses evaluasi tersebut diprediksi tidak akan menganggu target selesainya pembangunan karena hanya berjalan sekitar satu hingga tiga pekan saja.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto menjelaskan, pemerintah akan melakukan penghentian sementara untuk pekerjaan-pekerjaan di ketinggian yang memiliki daya angkut tinggi. Menurut Arie, proyek-proyek itu nantinya akan dievaluasi oleh tim independen yang dipimpin oleh Asosiasi Konstraktor Indonesia (AKI).

Ketua AKI, Budi Harto mengatakan, beberapa poin yang akan dievaluasi nantinya adalah metode kerja dan sistem pelaksanaannya. Dia menjelaskan, tim tersebut terdiri dari kontraktor, badan usaha milik negara (BUMN) dan swasta.

"Kemudian mereka antara lima sampai tujuh orang akan mengawasi dan memberikan rekomendasi pemerintah, proyek mana yang aman untuk diteruskan," ujar Budi di Jakarta, Selasa (20/2). Adapun, tim independen ini nantinya akan fokus pada proyek-proyek elevated seperti LRT, maupun tol-tol elevated.

Dalam waktu dekat, Budi bilang, pihaknya juga akan mencari konsultan internasional yang akan diberikan tugas kerja.

Terkait LRT, Budi bilang, proses evaluasi tersebut tidak akan terlalu menganggu LRT yang dipersiapkan untuk mendukung Asian Games 2018 karena proses evaluasi tidak akan berlangsung lama atau sekitar seminggu hingga tiga minggu.

"Tim ini akan segera dibentuk dan kerja untuk menentukan bahwa proyek tersebut sudah memenuhi syarat atau belum." kata Budi.

Ia optimistis, proses evaluasi yang akan dilakukan ini tidak akan menganggu target-target yang sudah ditetapkan karena meski pengerjaan bagian atas berhenti, penggarapan bagian bawah masih tetap berjalan.

Evaluasi dilakukan pemerintah terhadap semua proyek elevated setelah sejumlah kecelakaan yang terjadi salah satunya di Tol Bekasi, Cawang Kampung Melayu (Becak Kayu).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×