kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AKRA lepas saham di Pelabuhan Guigang Tiongkok


Jumat, 22 September 2017 / 17:02 WIB
AKRA lepas saham di Pelabuhan Guigang Tiongkok


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) baru saja menandatangani perjanjian divestasi kepemilikan saham di bisnis operator operasi pelabuhan Guigang dengan Beibu Gulf Port Co.,Ltd. pada Jumat (22/9) di Nanning, Tiongkok.  

AKRA telah menyetujui divestasi sebesar RMB 427,86 juta.  Beibu Gulf Port Co.,Ltd adalah sebuah operator operasi pelabuhan terkemuka di Tiongkok dan ASEAN. Pelabuhan Guigang meliputi tiga entitas yang berkecimpung dalam operasi peti kemas, pengiriman, dan curah di Tiongkok.

Ketiganya yaitu GGACP (Guangxi Guigang AKR Container Port Co., Ltd dengan nilai ekuitas yang dimiliki AKRA sebesar 94,64%, AGTP (AKR (Guigang) Transshipment Port Co., Ltd sebesar 78%, dan AGP (AKR (Guigang) Port Co.,Ltd sebesar 100%.

Divestasi operasi di Tiongkok merupakan bagian strategi AKRA untuk menyusun kembali portofolio AKRA agar fokus pada berbagai proyek yang dieksekusi di Indonesia. Haryanto Adikoesoemo, Presiden Direktur AKRA menyatakan, divestasi ini akan membawa nilai positif bagi pemegang saham.

“Kami dengan senang hati dapat masuk ke dalam perjanjian pengalihan ekuitas dengan Beibu gulf Port Co.,Ltd. Transaksi ini akan membawa nilai yang positif kepada para pemegang saham kami,” ujarnya dalam siaran pers ke KONTAN, Jumat (22/9).

Sekadar informasi, AKRA telah mengoperasikan Pelabuhan Guigang sejak tahun 2006. Pelabuhan ini menjadi pelabuhan hub utama yang menangani peti kemas serta kargo curah. Aset-aset pelabuhan ini terhubung dengan baik ke jalur kereta api, jalanan, dan akses ke transportasi sungai.

Beibu Gulf Port Co.,Ltd menyatakan, akusisi Pelabuhan Guigang ini akan memberikan kesempatan kepada Beibu untuk memanfaatkan inisiatif “One Belt One Road”, perdagangan bebas Tiongkok-ASEAN, zona ekonomi Beibu Gulf, pengembangan sungai Pearl, dan mengembangkan Guigang sebagai salah satu titik penting dalam sungai Xijiang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×