kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis: Tantangan Garuda Indonesia masih berat


Kamis, 05 Oktober 2017 / 18:38 WIB
Analis: Tantangan Garuda Indonesia masih berat


Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menilai bahwa 28 rute penerbangan internasional yang dilayani PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) belum membawa untung. Rute Jakarta-Singapura-London-Jakarta bahkan disebut sebagai rute dengan kerugian terbesar di 2016.

Melalui Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I tahun 2017, BPK menyimpulkan bahwa pemasaran luar negeri oleh PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) kurang efektif. Hal ini dijabarkan BPK dalam tiga poin permasalahan yang terkit pemasaran luar negeri oleh maskapai plat merah tersebut.

Poin pertama menyebutkan bahwa 28 rute penerbangan international GIAA belum beri keuntungan. Kerugian terbesar ada pada rute CGK-SIN-LHR-CGK atau Jakarta-London via Singapura. Sejak dibuka Maret 2016-Juli 2016 kerugian di rute ini mencapai US$ 16,43 juta.

Selain itu, BPK juga menilai bahwa performance area international 3 yang meliputi region China dan Taiwan kurang optimal. Ditambah lagi, evaluasi rute tidak sesuai dengan Rancangan Jangka Panjang Perusahaan (RJPP), tidak ada standarnya, serta hasil evaluasi tidak memberikan dampak bagi kinerja.

Dalam hasil pemeriksaan ini BPK juga menyatakan bahwa slot yang dimiliki GIAA pada rute penerbangan international bukan slot terbaik. Dus, ada keterbatasan untuk mencpai kinerja optimal.

Menanggapi hal ini, dalam IHPS yang sama pihak GIAA mengakui bahwa tak semua rute dirancang untuk memberikan keuntungan. Beberapa rute menurut managemen tetap diterbangkan selama masih bisa menutupi sebagian fleet cost.

Mengomentari soal rute China, GIAA bilang perusahaan menyesuaikan rute dengan ketersediaan slot di Beijing.

GIAA pun menyatakan bahwa evaluasi awal yang dilakukan perusahaan berpatokan pada seat load factor (SLF) dan profitability. Dari dua hal tersebut kemudian ditentukan follow up route dimana untuk rute-rute internasional dibagi dalam tiga kategori, yakni watch route, bottom route, dan optimasi rute-rute lainnya.

Kepala Riset Paramitra Alfa Sekuritas Kevin Juido melihat, tantangan yang harus dihadapi GIAA ke depan memang masih cukup besar. Setidaknya ada tiga poin yang digarisbawahi Kevin. Pertama, GIAA menurut Kevin memang harus bersaing dengan maskapai internasional.

Kevin mencatat, beberapa maskapai internasional yang menjadi pesaing Garuda yakni Emirates, Qatar Airways, Singapore Airlines dan EtihadAairways. Senada, analis Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada mengatakan bahwa dari temuan BPK harus dicermati pula adanya kemungkinan kalah saing secara makro.

"Misal untuk rute Jakarta-Singapura-London, jika ada maskapai lain yang menawarkan rute sama dan bisa mendapat keuntungan, maka bisa disebut GIAA kalah saing," ujar Reza.

Tak hanya itu, di dalam negeri pun GIAA masih harus bersaing dengan pesawat low cost. Menurut Kevin, pesaing GIAA di dalam negeri adalah Lion Air, Sriwijaya, dan Air Asia. "Sebenarnya Garuda sudah punya diversifikasi Citilink untuk low cost. Tapi dari 196 pesawat garuda hanya 52 untuk Citilink," tambah Kevin, Kamis (5/10).

Tantangan lainnya menurut Kevin adalah soal daya beli masyarakat yang masih melemah. Penetrasi penggunaan pesawat terbang di Indonesia pun menurut catatan Kevin masih kalah dengan negara lain seperti Singapura dan Malaysia.

Menyikapi tantangan ini, Reza menyarankan GIAA melakukan upaya untuk meningkatkan pelayanan pesawat, tapi tetap menawarkan harga tiket kompetitif. Menurutnya, selama GIAA belum menunjukkan peningkatan kinerja, maka pelaku pasar masih akan underestimate terhadap kinerja maskapai BUMN tersebut. Saat ini Reza merekomendasikan hold saham GIAA dengan target harga Rp 345 per saham. Hari ini, saham GIAA turun 1,20% ke Rp 328 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×