kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

APBI: Penggunaan asuransi nasional dalam ekspor tidak menyulitkan pembeli


Minggu, 27 Mei 2018 / 20:02 WIB
APBI: Penggunaan asuransi nasional dalam ekspor tidak menyulitkan pembeli
ILUSTRASI. Kawasan penambangan batubara


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain ekspor batubara memakai kapal nasional, para perusahaan yang melaksanakan kegiatan ekspor batubara pada 1 Agustus ini diwajibkan menggunakan asuransi nasional.

Ketua Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) Pandu P. Sjahrir menilai, kewajiban penggunaan asuransi nasional untuk ekspor batubara tidak akan menyulitkan pembeli selama harga dan fasilitas yang ditawarkan kompetitif.

Yang paling penting, kata Pandu, dari asuransi nasional tersebut adalah tidak ada tambahan biaya yang memberatkan pembeli. "Shipping itu bisnis internasional. Selama bisa memenuhi ketentuan asuransinya yang sekarang, harusnya gak masalah," ujarnya, Jumat (25/5).

Asal tahu saja, penggunaan asuransi nasional dalam ekspor batubara tercantum dalam Permendag No. 82/2017 yang mewajibkan penggunaan kapal dan asuransi nasional untuk ekspor batubara dan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO).

Beleid yang diundangkan pada 31 Oktober 2017 itu rencananya bakal dijalankan secara efektif enam bulan setelah terbit, yakni 1 Mei 2018. Namun, pelaksanaan kewajiban penggunaan kapal nasional ditunda hingga 2 tahun. Sementara untuk asuransi, hanya ditunda selama 3 bulan dan mulai berlaku pada 1 Agustus 2018.

Selain itu, kewajiban penggunaan asuransi nasional dalam kegiatan ekspor batubara tidak akan sesulit kewajiban penggunaan kapal nasional. Pasalnya, asuransi tidak berbentuk fisik yang penyediaannya memakan waktu lama.

Lagi pula, untuk kapal ketersediaan yang sekarang hanya mencukupi sekitar 2% dari ekspor. "Beda dengan kapal, asuransi itu tergantung neraca keuangan dan sisi kompetitifnya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×