Kontan News
  : WIB    --   
indikator  I  

Apindo mendukung rencana penyamaan waktu nasional

Apindo mendukung rencana penyamaan waktu nasional

JAKARTA. Gagasan untuk menyamakan zona waktu Indonesia dari tiga zona waktu, mendapat respon positif dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).

Sofyan Wanandi, ketua Apindo bilang, penyamaan zona waktu itu akan meningkatkan aktivitas ekonomi menjadi lebih efisien. Apalagi jika Indonesia berada dalam satu zona dengan Malaysia dan Singapura, yang akan membuat proses transaksi jual-beli menjadi lebih mudah.

"Sebelumnya, kami pengusaha pernah mengusulkan ini, Indonesia dengan satu zona waktu saja, sebab ini membuat kami lebih efisien dalam bekerja," kata Sofyan di Jakarta (12/3).

Sofyan mengungkapkan, bila kebijakan ini diterapkan, tentunya pengusaha lebih mudah dalam mengontrol perusahaannya, apalagi jika jam buka tutup-kantor se Indonesia bisa diseragamkan.

Dengan adanya penyeragaman zona waktu, pengusaha bisa menghemat listrik lebih banyak, bisa menghemat 5-10% biaya operasional, termasuk biaya administrasi "Ini rencana kebijakan yang positif, namun masih ada kendalanya, karena hal ini perlu sosialisasi dari pemerintah dan penyesuaian awal," tegas Sofyan.


Reporter Ayu Utami Larasati
Editor Asnil Bambani Amri

PENYAMAAN ZONA WAKTU INDONESIA

Feedback   ↑ x
Close [X]