kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,01   -11,51   -1.23%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ASEAN SME Academy, wadah belajar online UMKM


Minggu, 03 Desember 2017 / 12:33 WIB
ASEAN SME Academy, wadah belajar online UMKM


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. ASEAN kini memiliki sebuah wadah belajar digital yang ditujukan bagi para UMKM. Diluncurkan pada November 2017, ASEAN SME Academy dengan alamat www.asean-sme-academy.org adalah sebuah website yang berisi pelatihan online bagi UMKM di kawasan ASEAN.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta mengatakan peluncuran website tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi UMKM sehingga memiliki nilai tambah dan meningkatkan daya saingnya.

Wayan Dipta bertindak sebagai ASEAN Coordinating Committee on Micro, Small, and Medium Enterprises (ACCMSME) mengatakan website tersebut adalah wujud kerjasama dengan US-ASEAN Connectivity through Trade and Investment (US-ACTI), untuk menyelenggarakan Training of Facilitators (ToF) UMKM, pada tanggal 26 – 27 Oktober 2016

“Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas UMKM menjadi pelaku penyebarluasan informasi produksi dan pemasaran bagi dan dari UMKM ASEAN. Untuk lebih mengoptimalkan hasil pelatihan tersebut, dan seiring dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, diluncurkan ASEAN SME Academy,” kata Wayan, pada Minggu (3/12) dalam keterangan tertulis kepada Kontan.co.id.

Materi yang diberikan dalam pelatihan online tersebut mencakup bidang Keuangan/Akuntansi, SDM, Manajemen, Pemasaran, Operasional, Pemanfaatan Teknologi, Perdagangan/Logistik, dan sebagainya yang tersedia dalam 50 modul yang ditawarkan oleh 500 perusahaan dan anggota US-ASEAN Business Alliance for Competitive SMEs.

Selain itu, terdapat setidaknya 350 tautan yang berisi informasi bisnis yang relevan dengan kebutuhan UKM seperti informasi akses keuangan, program-program perusahaan dan jaringan yang dapat diakses oleh para pelaku UMKM. Untuk lebih memudahkan penggunaan platform ASEAN SME Academy terdapat booklet dalam Bahasa Indonesia sehingga masing masing UMKM Indonesia dapat mengakses langsung. Platform tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh UMKM untuk membantu peningkatan produktivitas UMKM sebagai penopang ekonomi Indonesia.

Guna menyebarluaskan informasi ASEAN SME Academy dilakukan kerjasama dengan para pendamping PLUT. Di beberapa daerah, para pendamping PLUT tersebut telah aktif mengikuti mengakses modul modul pelatihan yang tersedia pada ASEAN SME Academy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×