kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ASRI targetkan proyek baru sokong Rp 1 triliun


Kamis, 17 April 2014 / 07:15 WIB
ASRI targetkan proyek baru sokong Rp 1 triliun
ILUSTRASI. Panduan Cara Tarik Tunai di Alfamart dengan Kartu Debit BCA. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/06/02/09


Reporter: Izzatul Mazidah | Editor: Anastasia Lilin Yuliantina

JAKARTA. PT Alam Sutera Tbk menargetkan proyek hunian terpadu Kota Ayodhya bisa berkontribusi Rp 1 triliun tahun ini. Alam Sutera optimistis, proyek yang dikelola oleh anak perusahaan, yakni PT Alfa Goldland Realty, ini bisa menarik minat pasar kelas menengah.


Asal tahu saja, sepanjang kuartal I-2014, penjualan Kota Ayodhya, proyek yang berlokasi di Jalan MH Thamrin, Tangerang ini mencapai Rp 540 miliar. Dus, total penjualan Alam Sutera di periode ini adalah Rp 900 miliar.

Ini berarti, kontribusi dari Kota Ayodhya mayoritas, yakni 60%. Kalau dibandingkan dengan target penjualan Kota Ayodhya Rp 1 triliun sepanjang 2014, berarti realisasi penjualan sudah 54%.


Hendra Kurniawan, Corporate Secretary Alam Sutera membeberkan, tahun ini Alam Sutera menargetkan pendapatan Rp 5 triliun. Dengan rincian, Rp 1 triliun dari Kota Ayodhya dan sisanya dari dua kota mandiri, yakni masing-masing Rp 2 triliun dari proyek Suvarna Sutera dan proyek di Alam Sutera.


Nah, senada dengan proyek Suvarna Sutera dan Alam Sutera, Kota Ayodhya juga proyek jangka panjang. "Ini adalah proyek jangka panjang untuk menentukan tahap-tahap selanjutnya," kata Hendra Kurniawan, ketika dihubungi KONTAN, Rabu (16/4).


Sesuai masterplan, Alfa Goldland Realty akan membangun 18 menara apartemen di Kota Ayodhya. Plus, membangun aneka fasilitas, mulai sekolah, universitas, rumah sakit, tempat ibadah, pusat perkantoran, terminal bus antar-kota, stasiun kereta Tangerang-Jakarta, dan pusat pemerintahan. Total luas hunian terpadu ini adalah 16,5 hektare (ha).


Di tahap awal, Alfa Goldland Realty akan mengolah area 10.000 meter persegi (m²). Pengembang akan membangun, pertama, empat menara apartemen yakni Jade, Coral, Sienna, dan Indigo. Dalam satu menara, ada sekitar 750 unit kamar.


Bangun ribuan gerai


Akan ada empat tipe yang ditawarkan, yaitu studio, dua kamar tidur (2BR), dan tiga kamar tidur (3BR). Kisaran luasan dari empat tipe kamar ini antara 23,80 m² sampai dengan 64,50 m² .


Harga jual apartemen di Kota Ayodhya mulai Rp 250 juta untuk tipe studio. Kalau dihitung dalam ukuran per m², harga jual proyek ini Rp 10,8 juta per m². Ingrid Lena Wang, Sales Manager Alfa Goldland Reality bilang, banderol harga tersebut dimaksudkan untuk menyasar kelas menengah.


Esti Novijanti, Marketing Department Special Project Alfa Goldenland Reality menambahkan, sejak menawarkan apartemen ini di 23 Februari lalu, saat ini sudah terjual 1,5 menara. "Padahal kami hanya menargetkan terjual satu menara," kata Esti.


Kedua, membangun pusat perbelanjaan, tepat di bawah empat menara apartemen tersebut. Dalam rencana Alfa Goldland Realty, pusat perbelanjaan ini bisa menjawab kebutuhan para penghuni apartemen. Meski, pengembang juga menyasar pangsa pasar lebih luas lagi.


Di atas area 2 ha, Alfa Goldland berencana membangun 3.170 unit gerai. Pengembang itu membanderol tarif sewa di pusat perbelanjaan ini antara Rp 100.000 hingga
Rp 200.000 per m².


Meski bangunan belum jadi, Alfa Goldland Realty sudah mempunyai angan untuk menamai pusat perbelanjaan ini dengan Mal Ayodhya. Pengembang menargetkan proyek ini bisa beroperasi pada Maret 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×