Bandara Ahmad Yani Semarang kembali dibuka

Senin, 26 Desember 2016 | 11:09 WIB Sumber: Kompas.com
Bandara Ahmad Yani Semarang kembali dibuka


SEMARANG. Bandara Ahmad Yani Semarang kembali dibuka pada pukul 07.41 WIB. Pembukaan bandara tersebut sesuai dengan notice to airman (notam) yang telah dikeluarkan oleh Direktorat Navigasi Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara No B8029/16 NOTAMC B8028/16.

"Dengan dibukanya kembali Bandara Ahmad Yani, penerbangan dari dan ke bandara tersebut telah normal kembali," ujar Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Agoes Subagio dalam keterangan resmi yang diterima, Jakarta, Senin (26/12).

Namun, Agoes mengimbau kepada pihak-pihak terkait untuk tetap bersiaga dan waspada serta memberikan pelayanan yang maksimal sesuai dengan peraturan yang berlaku kepada penumpang.

"Hal ini disebabkan masih adanya potensi delay akibat pergeseran slot yang terjadi akibat penutupan bandara sebelumnya," ucapnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Bandara Ahmad Yani Semarang ditutup sementara pada hari ini, Minggu (25/12/), mulai pukul 18.24 WIB.

Penutupan tersebut untuk memberi kesempatan kepada petugas dan tim dari KNKT untuk mengevakuasi pesawat ATR 72-600 Wings Air yang mengalami overshoot di runway 13.

Saat ini, pesawat tersebut telah berhasil dipindahkan ke Apron F Bandara Ahmad Yani. Selanjutnya, pesawat tersebut diserahkan dan menjadi kewenangan KNKT untuk menyelidiki kejadian tersebut.

Sementara itu, untuk membantu proses investigasi oleh Tim KNKT, Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) menyatakan akan melakukan grounded sementara kepada pilot pesawat tersebut. Pilot pesawat ATR 72-600 Wings Air tersebut adalah Kapten George Tarun Rajan. (Achmad Fauzi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru