kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak yang keliru pakai kondom


Kamis, 03 Maret 2016 / 21:20 WIB
Banyak yang keliru pakai kondom


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Memakai kondom sepintas terlihat sederhana, tapi nyatanya banyak orang yang masih salah melakukannya. Padahal, penggunaan kondom yang benar bisa menghindari infeksi menular seksual (IMS) dan juga kehamilan tak direncanakan.

Menurut Menshealth.com, penelitian dari Universitas Indiana menyatakan mayoritas pria masih salah memakai alat kontrasepsi kondom. Penelitian melipun 50 studi mengenai penggunaan kondom.

Kesalahan-kesalahan itu adalah

- Telat memakai

Sekitar 17%-51% orang mengaku baru menggunakan kondom setelah penetrasi dilakukan. Kebiasaan ini sebenarnya kurang efektif dalam mencegah IMS.

- Terlalu cepat melepas

Sekitar 13%-44% responden melaporkan mereka melepaskan kondom sebelum penetrasi komplit.

- Membuka gulungan sebelum dipakai

Antara 21% sampai 25% orang mengaku membuka golongan kondom sebelum memakainya. Hal itu sebenarnya bisa menyebabkan risiko kondom sobek atau bocor.

- Tidak ada ruang di ujung

Tidak menyisakan ruang di ujung kondom untuk tempat cairan sperma juga menjadi kesalahan yang paling banyak dilakukan. Selain itu, cukup banyak pengguna kondom yang tidak melepaskan udara dari bagian ujung kondom sebelum memakainya.

- Terkena objek tajam

Cukup banyak, 11,2% responden yang membuka kemasan kondom dengan benda tajam. Risiko terburuknya adalah menyebabkan kondom bocor.

- Malas memeriksa

Ketika membuka kondom dari kemasan, sekitar 74% pria dan 82% wanita mengaku tidak memeriksa kondisi kondom sebelum dipakai. Beberapa hal yang harus dicek antara lain tanggal kadaluarsa dan saat membuka gulungan melihat ada tidaknya sobekan atau bocor.

- Tanpa lubrikasi

Sekitar 16%-25% pengguna kondom mengatakan memakai kondom tanpa lubrikasi. Risikonya adalah kondom mudah sobek. Tetapi sebaiknya jangan menggunakan lubrikasi berbahan minyak karena bisa membuat lateks mudah sobek.

(Lusia Kus Anna)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×