Basarnas tetap waspada di titik strategis Gn Agung

Minggu, 10 Desember 2017 | 22:43 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Basarnas tetap waspada di titik strategis Gn Agung


STATUS GUNUNG AGUNG - JAKARTA. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) non stop mengawasi dan mengawal semua titik-titik penting untuk menjaga keamanan destinasi wisata termasuk di lokasi Gunung Agung, Bali.

Kepala Pusat Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, kesiapsiagaan dipersiapkan dengan baik oleh tim search and rescue yang telah dipersiapkan di beberapa titik strategis. 

Basarnas dan mitra kerja lain sebagai tim SAR Gabungan di antaranya mendirikan pos aju di empat titik. Yaitu di Rendang, Selat, dan Jasri yang ada di Kabupaten Karangasem. Sementara satu pos lainnya, Les berada di Kabupaten Buleleng. 

“Pos aju ini berkekuatan antara 30 hingga 50 personel tim SAR gabungan. Selain berkekuatan personel, mereka juga dilengkapi armada dan perlengkapan evakuasi seperti ATV, truk dan tandu," ujar Sutopo dalam keterangan pers, Minggu (10/12).

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali  A.A Gede Yuniartha Putra mengatakan, bersama dinas-dinas di kabupaten dan kota serta industri, untuk sama-sama memanfaatkan media sosial menyebarkan foto-foto atau video kondisi terkini destinasi wisata di Bali. 

Yuniartha bilang, untuk saat ini daerah wisata Bali yang mulai ramai dikunjungi yaitu Kuta, Tanah Lot yang aman didatangi.  

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga selalu punya semangat yang sama untuk Bali. “Terima kasih, media sosial bisa mengimbangi dalam melaporkan situasi yang riil dan terkini,” kata Arief Yahya.

Menurutnya media sosial bisa menjadi cara yang ampuh dalam memulihkan sekaligus menjaga pariwisata Bali. Terutama saat ini di tengah aktivitas vulkanik Gunung Agung sudah aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru