kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEKRAF bantu BPJS jaring peserta di pekerja seni


Selasa, 13 September 2016 / 14:31 WIB
BEKRAF bantu BPJS jaring peserta di pekerja seni


Reporter: Dina Farisah | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia untuk melindungi para pekerja dan pelaku usaha ekonomi kreatif. Kedua pihak sudah menandatangani Nota Kesepahaman, Selasa (13/9).

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto bersama dengan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, menandatangani Nota Kesepahaman.

Triawan Munaf menjelaskan, maksud dan tujuan dilakukannya kerja sama ini adalah untuk memberikan perlindungan kepada para pekerja dan pelaku usaha di industri kreatif, seperti seniman, desainer, fotografer, sineas, musisi, kuliner dan lain sebagainya, untuk mengantisipasi risiko sosial ekonomi yang timbul.

Dengan adanya Nota Kesepahaman ini, kedua belah pihak dapat saling memanfaatkan sumber daya yang ada dengan azas saling membantu dan saling mendukung sesuai dengan aturan atau regulasi yang berlaku.

"Untuk dapat memberikan perlindungan program secara optimal, BEKRAF akan menyediakan data-data umum terkait pekerja atau pelaku usaha ekonomi kreatif untuk ditindaklanjuti pihak BPJS Ketenagakerjaan dengan melakukan sosialisasi dan edukasi program dan manfaat kepada mereka," terang Triawan.

Sementara pihak BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan akses yang baik atau rekomendasi atas pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui mitra perbankan yang bekerjasama kepada para pekerja dan pelaku usaha industri ekonomi kreatif Indonesia.

"Kerjasama ini diharapkan mampu mendorong perekonomian bangsa dan secara simultan juga memperluas perlindungan atas jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja", timpal Agus Susanto.

Agus menilai, pekerja di industri ekonomi kreatif ini memang sudah selayaknya terlindungi, karena besarnya risiko pekerjaan yang mereka hadapi.

Dengan adanya kerjasama ini, BPJS Ketenagakerjaan akan selalu hadir untuk memberikan perlindungan dan layanan terbaik kepada seluruh peserta, khususnya para pekerja dan pelaku usaha ekonomi kreatif di Indonesia, juga dengan turut mendukung program pengembangan usaha dan industri kreatif Indonesia agar semakin maju dan berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×