Beradu jantan di pasar motor sport 150 CC

Kamis, 30 Juni 2011 | 08:51 WIB Sumber: Harian KONTAN, 30 Juni 2011
Beradu jantan di pasar motor sport 150 CC


Pasar motor sport semakin membengkak sejak dua tahun ke belakang. Hal inilah yang mendasari PT Astra Honda Motor (AHM), hari ini, Kamis 30 Juni 2011, meluncurkan motor sport Honda CBR 150 R yang akan dibanderol Rp 25 juta sampai Rp 30 juta per unit.

Motor yang sebenarnya sudah dipasarkan importir umum sejak Desember tahun lalu ini memang banyak peminatnya. Makanya AHM pun berani menjual motor ini. Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor, Sigit Kumala, menuturkan kehadiran motor ini akan menambah varian di kelas sport.

Dia meyakini pasar motor jantan ini akan terus berkembang luas bukan hanya di Jakarta. AHM berkeyakinan, pasar motor sport ini akan berkembang hingga ke kota-kota besar di berbagai daerah.

Untuk itulah, Sigit yakin penjualan Honda CBR 150 R akan lebih tinggi ketimbang CBR 250 cc yang hanya 1.000 unit. "Saya targetkan terjual lebih dari 1.000 unit tahun ini," ujarnya.

Sigit mengungkapkan, persaingan di kelas ini memang cukup sengit, namun dia tetap yakin Honda CBR 150 R akan menjadi kegemaran baru para pengguna motor sport. Tampilannya yang sporty dan teknologi yang canggih membuat motor ini akan tampil garang di jalan raya.

Menurutnya Honda CBR 150 R memang tidak menantang siapa-siapa di kelasnya, sebab dari sisi tampilan memang sudah beda. Tak bisa disangkal, masuknya CBR 150 R ke pasaran memang akan menggerus pasar Yamaha Vixion yang memang sudah menjadi raja motor sport di kelas 150 R.

Persaingan kian sengit

Menurut Public Relation & Corporate Communication Head PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Indra Dwi Sunda, kehadiran Honda CBR 150 R tentu juga akan menjadi warna baru pasar motor sport di Indonesia yang saat ini sudah semakin banyak dan beragam produk. Indra mengakui masuknya motor Honda itu diperkirakan bakal memakan market share dari tipe lainnya, bukan tidak mungkin juga pasar Yamaha V-Ixion. "Akan tetapi kami masih tetap optimistis Yamaha V-Ixion menjadi motor yang lebih value for money buat konsumen Indonesia, " ungkapnya.

Indra juga tetap optimistis di kelas 150 cc, Yamaha V-Ixion masih akan menguasai 43,87% pangsa pasar. Penjualan dari Januari-Mei 2011 mencapai 102.646 unit. Soal target, Indra belum mau membeberkan lebih lanjut. Jelasnya, penjualan Yamaha V-Ixion Jakarta adalah yang terbesar dibandingkan dengan kota lainnya.

Indra menjelaskan, Yamaha akan meluncurkan Yamaha V-Ixion putih yang mengusung mesin 150 cc. Beda dengan Yamaha V-Ixion sebelumnya adalah pada warna putih dan desain. Motor ini memiliki automatic head light on atau lampu yang otomatis menyala saat motor dihidupkan. Harganya Rp 21,1 juta per unit.

Dengan varian baru itu berarti sudah ada empat varian warna yang sebelumnya sudah ada: red black, black gold, serta grey blue. Dengan warna putih nanti diharapkan makin banyak yang menyukai V-Ixion. Yamaha berharap tetap bisa menguasai pangsa pasar motor sport di Tanah Air yang selama ini telah diduduki Yamaha V-Ixion di kelas sport 150 cc.

Bukan hanya itu, kabarnya Kawasaki juga akan meluncurkan Kawasaki 150 R dengan mesin 4 tak. "Minggu depan saya jelaskan, saya masih di Jepang," kata Freddy Basuki, Manajer Penjualan Nasional PT Kawasaki Motor Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Catur Ari

Terbaru