kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berbisnis jalan tol, Wijaya Karya siapkan Rp 3 triliun


Selasa, 05 Juni 2018 / 11:21 WIB
Berbisnis jalan tol, Wijaya Karya siapkan Rp 3 triliun
ILUSTRASI. Wijaya Karya WIKA


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wijaya Karya Tbk akan semakin gencar berinvestasi di jalan tol tahun ini. Perusahaan konstruksi ini menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 3 triliun untuk mengembangkan bisnis jalan tol.

Capex tersebut untuk menggarap konsesi yang sudah didapatkan perusahaan ini. Emiten berkode saham WIKA di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini juga mengincar konsesi proyek baru lain.

Puspita Anggraeni, Sekretaris Perusahaan PT Wijaya Karya Tbk, mengungkapkan, perusahaan ini mengincar dua konsesi baru lewat prakarsa dengan menjalin konsorsium bersama perusahaan swasta."Kedua jalan tol tersebut adalah Serang-Maja dan tol Bandung Utara (Bandung Intra Urban Toll Road/BIUTR)." kata Puspita kepada Kontan.co.id, akhir pekan lalu.

Untuk jalan tol Bandung Utara, Wijaya Karya akan berkongsi dengan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) dan PT Marga Utama Nusantara, anak usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) dengan kepemilikan saham masing-masing 60%, 20% dan 20%.

Puspita menjelaskan, pihaknya bersama anggota konsorsium sedang menyusun perkiraan nilai konstruksi bersama dengan Wika Beton. Selanjutnya, konsorsium akan mengirimkan surat pemrakarsa ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sementara di jalan tol Serang-Maja, WIKA akan berkongsi dengan PT Hanson International Tbk (MYRX). Namun, hingga saat ini progres rencana prakarsa tersebut masih belum berkembang.

Adapun total panjang konsesi tol WIKA sampai saat ini telah mencapai 291,5 kilometer (km). Terdiri dari tujuh ruas dengan rata-rata kepemilikan saham minoritas.

Ketujuh ruas tol itu adalah jalan tol Serang–Panimbang 83,67 km, Kunciran–Cengkareng 14,19 km, Soreang–Pasir Koja 8,15 km dan Surabaya–Mojokerto 36,27 km. Kemudian, jalan tol Bali 10 km, Balipapan–Samarinda 99,35 km, dan ruas Manado–Bitung sepanjang 39,9 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×