kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Biaya IMB gudang UMKM akan dipangkas


Minggu, 02 April 2017 / 20:29 WIB
Biaya IMB gudang UMKM akan dipangkas


Reporter: Agus Triyono | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Pemerintah akan memangkas biaya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) gudang untuk usaha. Pemangkasan tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya yang mereka lakukan untuk memperbaiki kemudahan berusaha.

Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengatakan, pemangkasan IMB gudang tersebut akan dituangkan dalam revisi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 5 Tahun 2005 tentang Izin Mendirikan Bangunan Gedung. Tapi, dalam revisi peraturan tersebut, tidak semua gudang yang mendapatkan pemangkasan biaya IMB.

Pemangkasan hanya akan dilakukan untuk gudang dengan luasan maksimal 1.500 meter persegi. Pemangkasan tersebut, dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menjalankan usaha mereka.

Basuki mengatakan, dengan revisi itu, nantinya pelaku UMKM yang ingin mengurus IMB gudang dengan luasan maksimal tersebut nantinya hanya perlu membayar retribusi, setengah harga dari yang ada di peraturan sekarang. "Nanti formula akan diubah sehingga biayanya akan tinggal setengah saja," katanya kepada KONTAN pekan lalu.

Basuki mengatakan, selain poin pemangkasan biaya retribusi IMB tersebut, agar aturan IMB Gedung tersebut biasa berjalan efektif di daerah, pihaknya juga akan menambahkan klausul baru; pemerintah daerah, tidak boleh menambah syarat atau apapun dalam pengurusan IMB di wilayah mereka. Presiden Joko Widodo ingin agar kemudahan berusaha terus ditingkatkan.

Dia juga ingin peringkat kemudahan yang saat ini masih berada di posis 91 dunia bisa membaik ke bawah 40. Atas keinginan itulah, dia memerintahkan menterinya untuk segera menghilangkan aturan penghambat usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×