kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Blanja.com terbantu sinergi BUMN


Rabu, 07 Maret 2018 / 13:08 WIB
Blanja.com terbantu sinergi BUMN
ILUSTRASI. Blanja.com


Reporter: Elisabeth Adventa | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski operator telekomunikasi yang lain sudah menyerah kalah di bisnis e-commerce, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) masih tetap eksis di bisnis online tersebut. Lewat situs Blanja.com, perusahaan pelat merah ini juga ingin terus mengembangkan salah satu lini bisnis perusahaan telekomunikasi  ini.

Salah satu cara adalah dengan memanfaatkan status sebagai BUMN.  "Tahun ini kami akan memperkuat pasar lewat sinergi antar BUMN dan bakal banyak kerjasama yang kami lakukan dengan BUMN yang lain," tutur Rieka Handayani, Digital Public Relation Manager, Blanja.com ke KONTAN, Senin (5/3).

Sekedar catatan, Blanja.com sendiri merupakan hasil kerjasama PT Telkom lewat anak usaha TelkomMetra dengan perusahaan asal Amerika Serikat, e-Bay dengan komposisi saham sebanyak 60%:40%.

Aksi tersebut tidak terlepas dari keinginan satu-satunya situs belanja operator telekomunikasi ini yang ingin mengejar keuntungan di akhir tahun ini. Tanpa merinci target bisnis tersebut, Rieka menyebut bila pihaknya saat ini tengah mengolah sumber penjual (seller) yang sudah bergabung dengan situs tersebut.

Ia berharap para merchant ini bisa memperluas pasar setelah ada kerjasama dari pihak Blanja.com dengan para BUMN sebagai tindak lanjut sinergi BUMN. Salah satu upaya adalah dengan mewajibkan UKM binaan BUMN yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) menjual produk di Blanja.com.

Terus terang, manajemen Blanja.com sangat terbantu dengan kebijakan tersebut. Lantaran situs belanja ini tidak lagi sibuk mencari para penjual. Setidaknya sudah ada 18 BUMN yang mempunyai RKB di sejumlah kabupaten dan kotamadya. Seperti RKB Himpunan Bank Milik Negara (Himpara), Pertamina, Antam, PLN, Jasa Raharja dan yang lainnya. "Mudah-mudahan RKB BUMN yang lain sudah bisa bergabung," harapnya.

Saat ini, pihaknya mencatat sudah ada sekitar 30.000 mitra Blanja.com yang kebanyakan dari UKM yang bergabung. Selain dari UKM binaan BUMN, mitra Blanja.com  juga berasal dari program internal yakni UKM Go Online dengan target bisa menjajakan produk ke pasar global lewat kerja bareng e-Bay.

Untuk sementara, Blanja.com tidak merinci target bisnis yang dipatok sampai akhir tahun ini. Namun dalam catatan KONTAN, perusahaan ini menjanjikan bisa mengejar total transaksi hingga US$ 150 juta di akhir tahun lalu. Bila target itu tercapai tentu total transaksi yang dibidik bisa lebih dari itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×