kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPOM akan beri pendampingan pengusaha jamu


Rabu, 26 November 2014 / 22:32 WIB
BPOM akan beri pendampingan pengusaha jamu
ILUSTRASI. Hell?s Paradise: Jigokuraku Episode 10 Subtitle Indonesia, Sinopsis dan Jadwal Tayang


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Industri jamu dipercaya mampu mendukung perekonomian Indonesia. Menurut Ketua Gabungan Pengusaha Jamu dan Presiden Direktur PT Nyonya Meneer, Charles Saerang, saat ini industri jamu dan turunannya bisa menghasilkan omzet mencapai Rp 14 triliun per tahun. 

Menurut Saerang, potensi yang bisa dicapai industri jamu bila didukung penuh oleh pemerintah bisa mencapai Rp 80 triliun. Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Roy Alexander Sparingga berjanji akan memberikan insentif pada para produsen jamu. 

Namun, insentif yang dimaksud Roy bukan insentif dalam hal pendanaan. Sejauh ini, BPOM merencanakan akan memberikan pembinaan kepada para produsen.

"Dalam kaitan ini kami ingin sekali bersama-sama untuk mendukung jamu.? Jamu, warisan budaya ini, merupakan kesempatan yang besar sebagai pertumbuhan ekonomi. Saya yakin, karena ini adalah promosi, terus menerus harus kita lakukan dan itu penting. Ini betul-betul manfaatnya besar," tutur Roy kepada wartawan di pelataran Kantor Kemenko Perekonomian, Rabu (26/11).

Adapun pembinaan yang dimaksud menyangkut sanitasi, masa kadaluarsa, dan penggunaan bahan aman bebas cemaran. "Nah, higienis, sanitasi harus diperhatikan betul-betul agar terjaga dan save life. Masa kadaluarsa harus diperpanjang, dan aman. Tidak ada cemaran dan sebagainya," ujar Roy. 

Dia mengungkapkan bahwa dalam mendampingi pengusaha dan produsen jamu, BPOM tidak akan bergerak sendiri. Pihaknya akan menggandeng Kementerian Kesehatan, Kementerian Perdagangan, UKM, Koperasi, dan berbagai pihak terkait. Hanya saja, kali ini Roy juga bertekad bahwa BPOM akan lebih proaktif. 

"Yang penting ada integrasi. Programnya terpadu, jadi itu harus kami laksanakan," ujar Roy. "Selama ini kita berdiam. Sekarang lebih proaktif. Termasuk asosiasi. Tentu dengan demikian, ada perubahan yang kemudian mengangkat mereka," pungkasnya. (Tabita Diela)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×