kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bukan cuma PLN yang bisnis internet, PGN juga gencar berbisnis internet


Kamis, 29 Agustus 2019 / 15:20 WIB
Bukan cuma PLN yang bisnis internet, PGN juga gencar berbisnis internet
ILUSTRASI. Direksi PGN


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk makin gencar memasarkan bisnis internet. Terbaru PLN membundling tambah daya dengan pemasangan internet plus televisi berbayar.

Yuk, kita lihat dan bandingkan bisnis internet PLN dan PGN. Dua BUMN ini sudah memiliki anak usaha dibidang digital tersebut. Sebut saja, PLN dengan anak usahanya ICON+ dan PGN dengan anak usaha PGASCOM atau PT PGN Telecommunication Nusantara.

Baca Juga: Trending Topic: Harga internet PLN Rp 95.000, China siapkan langkah darurat

Kita bedah satu persatu bedanya bisnis internet PLN dengan PGN.

PLN membagi bisnis internet dan televisi berbayarnya di empat wilayah, yakni Jabodetabek, Jawa-Bali, Sumatra, dan Indonesia Bagian Timur. Sedangkan di PGN baru hanya di Jawa dan Sumatra.

Untuk internet termurah yang ditawarkan PLN hanya Rp 89.000 per bulan dengan paket stroomnet 5‎ meliputi full fiber to the home, up to 5 Mbps download/upload unlimited quota harganya hanya Rp 89.000 per bulan.

Sedangkan untuk PGN, melalui bendera cucu usaha PT Telemedia Dinamika Sarana, mengambil segmentasi korporasi. Mengutip situs Gasnet.id, ada lima produk yang ditawarkan PGN.

Pertama, GASNET PRIME adalah layanan Internet Dedicated dengan Ratio 1:1 full speed simetris, artinya kecepatan akses untuk upload sama besarnya dengan kecepatan download.

Misal pelanggan berlangganan GASNET PRIME dengan bandwidth 4 Mbps 1:1, maka total kecepatan akses yang didapatkan adalah 4 Mbps untuk upload dan 4 Mbps untuk download.

Layanan GASNET PRIME memberikan jaminan kecepatan akses internet yang stabil, handal dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan performansi yang diharapkan. Layanan GASNET PRIME cocok digunakan untuk mendukung bisnis perusahaan yang berbasiskan teknologi internet serta industri-industri start-up dan toko online.

Baca Juga: Mau langganan internet murah Stroomnet PLN? Ini syarat dan ketentuannya

Kedua, GASNET MAXX adalah layanan koneksi internet broadband khusus untuk bisnis dan perusahaan yang sedang berkembang. Jaminan kualitas internet yang cepat, stabil, handal, bisa Anda andalkan untuk pengembangan bisnis dengan harga bersaing. 

Layanan GASNET MAXX memiliki ratio delivery sebesar 1 : 2, 1 : 4, dan 1 : 8, dimana kecepatan internet yang didapatkan akan di-sharing maksimal ke 2 atau 4 atau 8 perusahaan lainnya. 

Sebagai gambaran,  jika Anda berlangganan GASNET MAXX dengan kecepatan internet up to 50 Mbps ratio 1 : 8, kecepatan bandwidth maksimal yang dapat Anda gunakan adalah sebesar 50 Mbps. 

Namun jika pada saat maksimal penggunaan, secara bersamaan ada 8 pelanggan yang terkoneksi layanan GASNET MAXX, kecepatan akses per pelanggan kami garansi minimal sebesar 50 Mbps dibagi 8 pelanggan, yakni sebesar 6.25 Mbps.




TERBARU

[X]
×