Bulog Sumbar siap pasok komoditas ke ritel modern

Rabu, 12 April 2017 | 10:25 WIB Sumber: Antara
Bulog Sumbar siap pasok komoditas ke ritel modern


PADANG. Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatra Barat siap menjadi pemasok komoditas pangan bagi peritel modern untuk dijual kembali dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

"Kami siap memasok gula, minyak goreng, daging kerbau beku dan beras, karena sebagian kebutuhan itu sudah ada stok di gudang Bulog dengan jumlah mencukupi," kata Kepala Bulog Sumbar Benhur Ngkaimi di Padang, Rabu (12/4).

Menurutnya, khusus untuk daging beku impor, Bulog Sumbar memang tidak memiliki stok saat ini, namun jika memang dibutuhkan pihaknya siap untuk menjadi penyuplai.

"Infrastruktur Bulog Sumbar untuk membantu menyediakan kebutuhan daging beku sudah mencukupi dan sesuai standar. Asal dibutuhkan, Bulog siap membantu menyediakan kebutuhan itu," kata Benhur.

Ia menjelaskan, Kementerian Perdagangan memang telah melaksanakan kebijakan menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk beberapa komoditas pada ritel modern diantaranya gula paling tinggi Rp 12.500 per kilogram, minyak goreng kemasan sederhana Rp 11.000 per kilogram dan daging kerbau impor beku Rp 80.000 per kilogram.

Sementara untuk komoditas beras medium, menurutnya, ada kemungkinan juga akan diberlakukan dengan harga Rp 8.000 per kilogram. Kebijakan itu menurutnya mulai efektif berlaku sejak Senin (10/4). "Kita sudah pasok untuk sebagian ritel modern di Padang," kata Benhur.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, penetapan HET beberapa komoditas untuk ritel modern, merupakan upaya untuk menekan harga di pasar menjelang Ramadan dan lebaran.

Ia menilai toko ritell modern merupakan salah satu penentu harga sehingga perlu untuk dikendalikan.

(Miko Elfisha)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru