: WIB    —   
indikator  I  

CapitaLand akuisisi apartemen Ciputra

CapitaLand akuisisi apartemen Ciputra

KONTAN.CO.ID - CapitaLand semakin memperkuat eksisensi di Indonesia. Kehadiran pengembang yang berbasis di Singapura tidak hanya sebagai operator hotel atau apartemen sewa, tetapi juga ekspansi dengan berinvestasi langsung di beberapa proyek apartemen.

Baru-baru ini, CapitaLand melalui unit usahanya, The Ascott Limited mengakuisisi serviced apartments sebanyak 192 unit dari Ciputra Group di kawasan Ciputra World 2, Jakarta Selatan.

Ascott akan menggelontorkan investasi sebesar S$ 74,3 juta untuk membeli apartemen sewa yang diberi nama Ascott Sudirman Jakarta. Ini merupakan bagian dari investasi S$ 300 juta yang disiapkan CapitaLand untuk ekspansi di Indonesia.

Arthadinata Djangkar, Direktur Ciputra Group mengatakan, Ascott Sudirman Jakarta tersebut merupakan bagian apartemen tower pertama di Ciputra World 2. Apartemen sewa ini setengah dari total apartemen tersebut.

Separuhnya lagi telah mulai dijual sejak tiga tahun yang lalu dan sebanyak 20 unit di antaranya baru diluncurkan pada separuh kedua tahun 2017 ini, yang diberi nama The Suites. "Awal pekan ini kami sudah menandatangani perjanjian kerangka kerja (framewok agreement) dengan Ascott Limited. Setelah itu akan ada due diligent tiga sampai enam bulan, baru bisa kami masukkan ke marketing sales," terang Arta, kepada KONTAN, Jumat (8/9).

Akuisisi pertama Ascott adalah separuh dari total unit di satu apartemen di Ciputra World 1 dan sudah beroperasi. Sementara Ascott Sudirman Jakarta baru akan beroperasi pada tahun 2018 mendatang. Selain itu, Ciputra Group sudah bekerjasama dengan Ascott sejak tahun 1996 silam, untuk mengoperaskan Somerset Grand Citra Jakarta.

Ascott Sudirman Jakarta merupakan apartemen sewa kedua yang diakusisi CapitaLand dari Ciputra Group. Pada tahun 2015 silam, perusahaan ini sudah mengambilalih serviced apatement bertajuk Ascott Kuningan di Ciptra World 1 sebanyak 185 unit dengan nilai transaksi yang relatif sama dengan apartemen kedua tadi.

Memang, CapitaLand memiliki daftar riwayat bisnis selama 22 tahun di Indonesia dan telah mengelola 16 serviced residences hingga sekarang, dengan total sekitar 3.000 unit apartemen yang tersebar di enam kota. Adapun proyek kawasan terpadu pertama yang dibangun, yakni The Stature ditargetkan rampung pada tahun 2020.

Selain dua proyek tersebut, CapitaLand sudah mendapatkan kontrak untuk mengoperasikan serviced apartement bertajuk Citadines Canggu Bali di Seminyak.

Serviced residence ini akan menyediakan 230 unit yang terdiri dari studio dengan satu dan dua kamar tidur apartemen dan ditargetkan akan selesai dibangun pada tahun 2020.

Chief Executive Officer Ascott Lee Chee Koon mengungkapkan, dalam beberapa tahun ke depan Ascott berencana membuka enam serviced residence lagi di Jakarta dan kota-kota lain. Seperti Bandung, Karawang dan Yogyakarta.


Reporter Dina Mirayanti Hutauruk
Editor Rizki Caturini

INDUSTRI PROPERTI

Feedback   ↑ x
Close [X]