Cuaca ekstrem, Pelabuhan Gilimanuk buka-tutup

Jumat, 04 Agustus 2017 | 18:17 WIB Sumber: Antara
Cuaca ekstrem, Pelabuhan Gilimanuk buka-tutup


BALI. Pelabuhan Gilimanuk di Kabupaten Jembrana, Bali, ditutup sementara karena cuaca buruk. Sebab ini yang bisa membahayakan kapal serta penumpang yang menyeberang di Selat Bali menuju Pulau Jawa.

"Hari Kamis dua kali kami menutup sementara penyeberangan, yaitu pukul 15.00 Wita selama satu jam, kemudian pukul 18.50 Wita yang berlangsung selama lima jam," kata Kepala Unit Pelaksana Pelabuhan Kelas III Gilimanuk Made Astika, Jumat (4/8).

Bagi kapal yang sudah telanjur berangkat dan antre untuk sandar di pelabuhan, diperintahkan untuk sedekat mungkin mengapung dekat pelabuhan dengan terus dipantau oleh petugas.

Akibat penutupan sementara Pelabuhan Gilimanuk ini, antrean kendaraan mencapai empat kilometer (km)yang berlangsung hingga Jumat siang.

Pantauan di lapangan, petugas kepolisian dari Polsek Kawasan Laut Gilimanuk dan Polres Jembrana mengatur lalu-lintas yang menuju arah pelabuhan dan sebaliknya, serta menindak sopir yang menyerobot antrean.

"Untuk mempercepat antrean, kami gunakan sistem seperti saat mudik Lebaran lalu, yaitu mobil pribadi diarahkan menuju pelabuhan lewat jalan kampung," kata Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk Komisaris Anak Agung Gede Arka.

Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Unit Pelabuhan Gilimanuk, Heru Wahyono mengatakan, pihaknya mengoperasikan 32 kapal dengan mempercepat bongkar muat agar kendaraan yang antre bisa segera diseberangkan.

(Gembong Ismadi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini
Tag

Terbaru