kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cucu usaha Medco akan menggelar IPO


Jumat, 07 Juli 2017 / 07:45 WIB
 Cucu usaha Medco akan menggelar IPO


Reporter: Riska Rahman | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) bakal kedatangan emiten baru dengan kapitalisasi besar tahun ini. PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), yang dulu bernama Newmont Nusa Tenggara, berniat melepas saham perdananya tahun ini.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) kini tengah mempersiapkan initial public offering cucu usahanya tersebut. "Kami menargetkan IPO AMNT bisa dilaksanakan tahun ini," kata Siendy K. Wisandana, Sekretaris Perusahaan MEDC, saat ditemui di Gedung BEI, Kamis (6/7).

MEDC ngebet menawarkan saham perdana AMNT di bursa lantaran perusahaan ini butuh dana besar untuk ekspansi. Namun, Siendy enggan menyebutkan jumlah dana yang dibutuhkan oleh AMNT.

Meski mayoritas saham AMNT dimiliki oleh MEDC, Siendy mengaku tidak bisa bicara banyak. "Saya tidak berhak bicara mengenai IPO AMNT. AMNT punya kebijakan sendiri soal rencana IPO ini," ujar Siendy. Yang jelas, saat ini AMNT sudah melakukan proses persiapan due diligence dari sisi hukum.

Sekadar mengingatkan, akhir tahun 2016, MEDC mengakuisisi 50% saham PT Amman Mineral Investama, yang memiliki 82,2% kepemilikan atas PT Newmont Nusa Tenggara.

MEDC merogoh kocek US$ 2,6 miliar untuk mengambil alih perusahaan itu dari Newmont Mining Corporation, perusahaan asal Amerika Serikat. Nilai 100% saham AMNT diperkirakan mencapai US$ 3,16 miliar.

Pada akhir 2016, Amman Mineral Investama memiliki total aset US$ 4,5 miliar. Sedangkan nilai ekuitas Amman Mineral Investama mencapai US$ 1,63 miliar. Nilai tercatat investasi MEDC atas Amman Mineral Investama sebesar US$ 815,36 juta.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, IPO AMNT ini adalah langkah untuk mengurangi beban yang harus ditanggung MEDC selanjutnya. Asumsinya, saat melakukan IPO, AMNT melepas 30% saham ke pasar.

Berarti AMNT bisa mendapat sekitar US$ 900 juta dari hajatan penawaran saham perdana. "Memang MEDC belum balik modal, tapi setidaknya lewat IPO anak usaha bisa mendapatkan dana segar yang bisa digunakan untuk kepentingan lain, seperti akuisisi perusahaan lain, atau memperbesar unit bisnis yang sudah ada," jelas Reza.

Di sisi lain, Kepala Riset Koneksi Kapital Alfred Nainggolan memandang, nilai US$ 900 juta yang mungkin diperoleh dari hasil IPO cukup menguntungkan. "Dana itu sangat besar kalau hanya digunakan untuk belanja modal rutin. Dana sebesar itu bisa digunakan MEDC untuk ekspansi atau membayar pinjaman akuisisi AMNT tahun lalu," kata Alfred.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×