Destinasi halal Indonesia lebih unggul dari Jepang

Jumat, 17 November 2017 | 14:02 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Destinasi halal Indonesia lebih unggul dari Jepang


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Indonesia berhasil menduduki posisi kedua sebagai destinasi wisata favorit traveller muslim milenial. Raihan itu berdasarkan laporan terbaru dari Mastercard-Halal Trip Muslim Millenial Travel Report (MMTR2017). Di laporan itu, posisi Indonesia hanya bisa dikalahkan Malaysia.

Meski kalah dari Malaysia, posisi Indonesia sudah jauh membaik bila dibanding prestasi 2016. Ada sedikit lompatan yang tercipta. Dari nomor empat naik ke posisi dua. Dan sekarang, posisinya sudah nyaris berada di tempat teratas dunia.

Menteri Arief Yahya menuturkan rasa bangganya dengan capaian tersebut. "Alhamdulillah bagus sekali. Sudah bagus, walaupun targetnya nomor satu. Tetapi hasil ini sudah menunjukkan peningkatan. Dulu kita tidak diperhitungkan. Untuk itu, target tahun depan harus menjadi nomor satu," ujar Arief Yahya dalam keterangan yang diterima KONTAN, Jumat (17/11).

Arief Yahya pun jadi makin bersemangat mengejar Malaysia. Dia makin ngotot menempatkan rival atau pesaing sebagai tolak ukur. Apa yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh Malaysia? Setelah itu bandingkan dengan yang dilakukan Wonderful Indonesia?

“Kita sudah tetapkan, common enemy kita bersama. Musuh emosionalnya, Malaysia. Musuh professional kita Thailand. Sekarang yang harus dicari adalah cara mengalahkan rival tadi. Kalahkan mereka hingga betul-betul capaian kita mengalahkan mereka," ucap Arief Yahya.

Arief berharap muncul rasa bersaing yang memicu dan motivasi yang membakar semangat dalam mewujudkan visi 2019. Apalagi, satu strip di bawah Indonesia ada Jepang yang telah menyediakan fasilitas bersertifikasi halal. Restoran, hotel dan fasilitas khusus lainnya, sudah banyak yang berlabel halal.

"Pertama, kenali dunia, kenali dirimu, kenali medan perangmu, maka kamu akan memenangkan peperangan. Kedua, kenali musuhmu, kenali dirimu, kenali medan tempurmu, maka kamu akan memenangkan peperangan. Ketiga, kenali pelangganmu, kenali dirimu, maka kamu akan memenangkan persaingan," ucapnya.

Sekarang, yang tinggal diperkuat Indonesia tinggal penguatan SDM. Karena dari evaluasinya, Indonesia hanya sedikit terkendala dengan bahasa. "Hanya itu saja, lainnya kita unggul. Dari mulai fasilitas ramah traveler Muslim, fasilitas-fasilitas muslim friendly, kita juga sama. Malah lebih bagus lah karena Indonesia sukses menyambar 12 kategori dari 16 gelar yang dipertarungkan dalam World Halal Tourism Award," ucapnya.

Berikut wisata favorit traveler muslim milenial, versi Mastercard-Halal Trip Muslim Millenial Travel Report (MMTR2017):
1. Malaysia
2. Indonesia
3. Jepang
4. Thailand
5. Australia
6. Singapura
7. UEA
8. Inggris
9. Amerika Serikat
10. India

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru