Disuruh Sandi inovasi, Transjakarta rekayasa rute

Jumat, 20 Oktober 2017 | 13:46 WIB Sumber: Kompas.com
Disuruh Sandi inovasi, Transjakarta rekayasa rute


TRANSJAKARTA - JAKARTA. PT Transjakarta memodifikasi rute di sejumlah ruas jalan yang macet karena terdampak proyek infrastruktur.

Modifikasi rute tersebut dibuat setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno mencoba naik bus transjakarta ke area pembangunan underpass Mampang.

"Akhirnya Pak Sandi keluarin instruksi supaya Transjakarta inovatif cari jalan keluar. Ya kita senang juga dikasih itu, berarti Transjakarta menjadi satu obat, masyarakat sudah bersabar tapi kita harus cari jalan keluar," ujar Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat (20/10).

Pagi ini Budi melaporkan modifikasi rute yang dibuat oleh PT Transjakarta. Budi mengatakan, pihaknya mengeluarkan dua layanan baru yaitu layanan ekspres dan layanan lintas.

Bus dengan layanan ekspres akan melintasi jalur tol untuk menghindari area proyek infrasktruktur. Sementara bus dengan layanan lintas akan menggunakan jalur koridor lain yang masih steril untuk menghindari area macet di proyek infrastruktur.

"Kita harus memanfaatkan koridor-koridor yang bisa steril tadi, yang kita sterilin benar-benar, yang belum mix traffic, untuk maksimalkan ini semua," ujar Budi.

Salah satu contoh layanan lintas adalah bus transjakarta rute Monas-Ragunan. Biasanya bus tersebut akan terkena macet di kawasan Kuningan sampai 3 jam. Dengan layanan lintas, bus tersebut tidak akan melintas ke Kuningan melainkan langsung ke Gelora Bung Karno. Kemudian, bus akan masuk ke koridor 13 yang merupakan jalan layang.

"Naik koridor 13, puter Tendean langsung masuk Mampang lurus Ragunan, hemat 3 jam," ujar Budi. (Jessi Carina)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru