kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua anak usaha Elnusa bersiap merger


Selasa, 08 Mei 2018 / 07:22 WIB
Dua anak usaha Elnusa bersiap merger
ILUSTRASI. Gedung Elnusa


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dua anak perusahaan PT Elnusa Tbk (ELSA) berniat untuk menggabungkan perusahaan atau merger. Kedua anak ini adalah PT Elnusa Fabrikasi Konstruksi (EFK) yang berlokasi di Batam dan PT Elnusa Patra Ritel (EPR) yang berlokasi di Jakarta Selatan. EFK akan menjadi perusahaan yang menerima penggabungan.

Dalam informasi ringkasan rancangan penggabungan anak usaha ELSA di Harian KONTAN, Selasa (8/5), disebutkan latar belakang penggabungan usaha ini untuk meningkatkan kapabilitas dan pertumbuhan dari bisnis fabrikasi dan konstruksi, memperbesar akses EFK kepada sumber-sumber keuangan dalam rangka mendapatkan pendanaan untuk membiaya peningkatan kapasitas dan prospek bisnis ke depan.

Selain itu, juga untuk mengoptimalisasi aset yang dimiliki Elnusa Grup sehingga menghasilkan produktivitas lebih baik, dan untuk menata dan menyederhanakan struktur korporasi di Elnusa Group sehingga mendorong efisiensi dan efektivitas kinerja.

Pemegang saham EFK terdiri dari ELSA sebesar 99,97% dan Annas Mappe Siri sebesar 0,03%. EPR seluruhnya dimiliki oleh ELSA.

Rencananya, proses merger tersebut menggunakan dua pendekatan. Yakni pendekatan pendapatan (income based approach) dan pendekatan pasar (market based approach). Konversi saham dilakukan berdasarkan nilai pasar masing-masing perusahaan dari hasil penilaian. Sehingga diperoleh rasio konversi 1:181,64 atau dengan kata lain, satu saham EFK ditukar dengan 181,64 saham EPR.

Terkait dengan jadwal, diperkirakan akan ada panggilan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa EFK pada 7 Juni 2018, persetujuan pemegang saham EFK dan EPR atas penggabungan dalam bentuk berita acara rapat dan penandatanganan akta penggabungan pada 26 Juni 2018, tanggal efektif penggabungan pada 30 Juni 2018, dan pengumuman hasil penggabungan pada 1 Juli 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×