INDUSTRI
Berita
Duh! Harga tempe setara satu potong daging ayam

HARGA TEMPE

Duh! Harga tempe setara satu potong daging ayam


Telah dibaca sebanyak 1607 kali
Duh! Harga tempe setara satu potong daging ayam

JAKARTA. Langkanya penjualan tempe-tahu di pasar mulai terasa hari ini (25/7). Dampaknya, harga tahu dan tempe yang ada dipasaran, harganya melonjak tinggi.

"Saya mencari-cari tempe buat stok di rumah, di Pasar Slipi sudah nggak ada. Katanya ada yang jual di Pasar Palmerah, tapi harganya bisa sama kayak daging ayam," kata Nuraini (46) saat ditemui Kompas.com di Pasar Slipi Jaya, Jakarta Barat, Rabu (25/7).

Nuraini mengatakan, harga satu potong tempe ukuran 11 cm x 18 cm bisa mencapai Rp 8.000. Harga itu serupa dengan harga sepotong daging ayam, yaitu potongan satu ekor ayam yang dibagi empat bagian.

"Kalau butuh, mau tidak mau harus beli, tapi dua hari ke depan saya tidak membeli dulu. Nunggu sampai turun harga," katanya.

Diberitakan sebelumnya, kelangkaan tempe mulai terasa sejak Selasa (24/7) kemarin malam. Di Pasar Ciracas, Jakarta Timur anggota Gakoptindo menggelar sweeping penjualan tempe untuk memastikan tidak ada lagi pedagang yang berjualan tempe di pasar tersebut.

Begitu juga yang terjadi di Pasar Slipi Jaya, Jakarta Barat, tempe menjadi barang makanan yang susah ditemukan warga. Pasar Semanan, Kalideres pun demikian, pedagang tempe sudah total menghentikan pasokan tempenya di pasar tersebut.

Penghentian pasokan tempe/tahu juga tidak hanya terjadi di pasar sekitar Jakarta, tetapi juga Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Banten. Efeknya, tempe menjadi barang makanan paling langka hari ini, Rabu (25/7). (Ali Sobri/Kompas.com)

Telah dibaca sebanyak 1607 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Bisnis properti tiarap dulu

    +

    Industri properti menyambut 2014 dengan pesimistis.

    Baca lebih detail..

  • Mobil baru bermunculan kendati pasar stagnan

    +

    Pelemahan ekonomi membuat pasar otomotif tak melaju cepat.

    Baca lebih detail..