kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung program budidaya, Perum Perindo pasok pakan ikan dan udang


Kamis, 18 Maret 2021 / 13:59 WIB
Dukung program budidaya, Perum Perindo pasok pakan ikan dan udang
Budidaya kerapu yang dilakukan Perum Perindo secara mandiri menggunakan teknik keramba jaring apung (KJA) di Singaraja, Bali.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan Umum Perikanan Indonesia atau Perum Perindo mendukung program budidaya ikan yang sedang digalakkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Menteri KP meminta jajarannya dan stakeholder untuk mengembangkan potensi budidaya ikan kerapu. Alasannya, ikan kerapu merupakan salah satu komoditas hasil perikanan budidaya yang memiliki nilai ekonomis tinggi baik di pasar regional maupun internasional.

Direktur Utama Perum Perindo Fatah Setiawan Topobroto mengatakan, perusahaan akan mendukung pakan ikan budidayanya.

“Nanti pakan ikan akan dipasok dari Perum Perindo untuk program budidaya ikan kerapu. Pakan ikannya dari Pabrik Pakan kami di Subang,” katanya dalam keterangan resmi Rabu (17/3).

Baca Juga: Perindo: Harga ikan akan kembali stabil pada kuartal II 2021

Pabrik pakan Perum Perindo ini beroperasi sejak 23 Juli tahun lalu. Fatah menjelaskan, pabrik ini tidak hanya pakan ikan, Perum Perindo juga akan mendukung pakan udang untuk budidaya udang vannamei yang digagas Kementerian Kelautan & Perikanan.

Perum Perindo memastikan memproduksi pakan ikan dan udang yang bersaing di kelasnya. Adapun mesin pakan mampu memproduksi 6.300 ton per bulan.

Selain itu, bahan baku pakan ikan dan udang menggunakan bahan terbaik seperti tepung ikan, tepung terigu, tepung industri, gaplek, Squid liver powder, minyak ikan, squid liver oil, minyak sawit, vitamin dan mineral.

“Untuk beberapa bahan baku pakan ikan dan udang saat ini masih ada yang import, karena di Indonesia saat ini untuk salah satu jenis bahan baku belum tersedia yaitu Fish Oil, namun secara bertahap akan menggunakan bahan baku yang diproduksi di dalam negeri,” jelas Fatah.

Selain mendukung program KKP,  pabrik pakan ikan dan pakan udang Perum Perindo di Subang merupakan wujud kepedulian dalam membantu petambak dan petani ikan. Pasalnya, pakan memiliki peran penting dengan menguasai 80% dari biaya budidaya ikan maupun udang.

Baca Juga: Perum Perindo bidik kenaikan penjualan dua kali lipat pada 2021

Selain mendukung dengan pakan ikan, Perum Perindo secara mandiri juga melakukan budidaya kerapu menggunakan teknik keramba jaring apung (KJA) di Singaraja, Bali. KJA Kerapu Perum Perindo memiliki 427 holes.

Kementerian Kelautan dan Perikanan pun menyatakan bahwa budidaya kerapu memiliki keunggulan antara lain mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, serta dapat tumbuh lebih cepat dari induk aslinya, yaitu sekitar 500-600 gram dalam waktu 5-6 bulan dari ukuran tebar 10 cm di Keramba Jaring Apung. Hal itu sudah pasti akan memberikan keuntungan lebih bagi para nelayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×