kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung wirausaha pemuda, Shopee investasi Rp 100 miliar


Minggu, 06 Mei 2018 / 20:31 WIB
Dukung wirausaha pemuda, Shopee investasi Rp 100 miliar
ILUSTRASI. Gelar Mega Electronics Sale dari Shopee


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Shopee berkomitmen menginvestasikan dana senilai Rp 100 miliar untuk mendukung pemuda Indonesia dalam bidang pendidikan dan kewirausahaan. CEO Shopee Chris Feng mengatakan, salah satu bentuk implementasi investasi tersebut diberikan melalui Shopee Campus Competition (SCC). Kegiatan tahun ini diikuti oleh 85 universitas dari seluruh Indonesia.

"Tahun ini, mereka ditantang untuk menjadi konsultan bisnis bagi para pelaku UKM dan membantu mengembangkan bisnis mereka dari offline ke online. Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat mendorong pelajar untuk menjadi calon pengusaha muda dan memainkan peran dalam membantu kemajuan industri e-commerce di Indonesia," ujar Chris Feng dalam keterangan tertulis, Minggu (6/5).

Kompetisi bisnis tahunan yang menargetkan generasi muda di seluruh Indonesia, hari ini mengumumkan pemenang di tahun ketiganya, yaitu tim Nastar Keju yang berasal dari Universitas Indonesia. Pemenang dari kompetisi ini mendapatkan hadiah total senilai Rp 60 juta dan kesempatan untuk mengikuti program magang selama tiga bulan di Shopee Indonesia.

Dimulai pada bulan Maret lalu, Shopee Campus Competition 2018 dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), dan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM), di mana 10 tim terpilih yang maju ke babak Grand Final dapat membantu UKM binaan dari kedua kementerian secara langsung.

Sepuluh tim terpilih ini masing-masing diberikan uang senilai Rp5 juta untuk mengimplementasikan strategi bisnis yang telah mereka susun secara langsung dengan tujuan untuk membantu UKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka secara online.

Dalam kompetisi yang berlangsung selama 3 bulan ini, setiap partisipan telah melewati beberapa tahapan seleksi dan Boot Camp yang berujung pada presentasi final yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Mei 2018. Tim yang termasuk dalam 10 besar telah mendapatkan pendampingan oleh tim pengembangan bisnis Shopee.

Selain mendapatkan pembelajaran mengenai strategi e-commerce, para finalis juga mendapatkan pelatihan keterampilan dalam berkomunikasi yang akan membantu mereka dalam menerapkan strategi bisnis untuk para UKM yang ditunjuk. Dari 10 besar, 3 tim yang berhasil memenuhi kualifikasi untuk masuk ke tahap gran final berasal dari 3 kota yang berbeda di Indonesia yakni Semarang, Jakarta, dan Bandung.

"Kami berhasil mendapatkan masukan untuk menganalisis kasus bisnis, memahami kebutuhan pasar dan memberikan solusi yang tepat bagi penjual. Kami bangga dapat turut serta membantu Tjhin Santy selaku UKM yang menjual produk tas dan dompet kulit bemotif kain tenun mengalami peningkatan penjualan sebesar 250%," pungkas Nabila Alya Zahra sebagai pemenang Shopee Campus Competition 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×