kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekspor bergairah, DSFI revisi target penjualan


Minggu, 28 Mei 2017 / 20:50 WIB
Ekspor bergairah, DSFI revisi target penjualan


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Permintaan produk ikan olahan asal Indonesia di pasar global terus meningkat dalam dua bulan terakhir. Kondisi ini membawa berkah bagi produsen ikan olahan asal Indonesia. Salah satunya adalah PT Dharma Samudera Fishing Industries Tbk (DSFI). Dalam lima bulan pertama tahun 2017, penjualan DSFI sudah mencapai setengah dari penjualan tahun 2016.

Direktur Utama DSFI Herman Sutjiamidjaja mengatakan, ada permintaan yang tinggi dari pasar ekspor sejak di akhir Maret 2017 lalu. Ia mengambil contoh, pada bulan Februari 2017, permintaan produk ikan olahan dari Amerika Serikat (AS) sempat lesu. Tapi di akhir Maret mendadak naik.

Demikian juga dengan pasar di Eropa yang lesu pada tahun 2016, justru mendadak meningkat permintaannya dalam dua bulan terakhir. "Kalau pada awal tahun, kami menargetkan penjualan naik 6% dari realisasi tahun 2016. Tapi tahun ini kami mengubah targetnya menjadi di atas 10%," ujar Herman kepada KONTAN.

Herman menjelaskan pada tahun lalu, DSFI membukukan penjualan senilai Rp 604 miliar. Bila tahun ini ditargetkan naik di atas 10%, maka perkiraan proyeksi penjualan tahun ini mencapai Rp 664,4 miliar lebih.

Optimisme DSFI meraup keuntungan besar tahun ini didasarkan pada nilai penjualan kontrak sampai akhir Mei 2017 yang sudah mencapai US$ 19,7 juta. Ini sama saja dengan separuh dari target tahun lalu yang sebesar US$ 40 juta.

Untuk mencapai target penjualan tersebut, DSFI melakukan revitalisasi pada sejumlah pabrik. Sementara untuk meminimalisir pengeluaran biaya, DSFI menjalin pola kerja sama operasional (KSO) dengan pengusaha di daerah. Kerja sama kemitraan ini membuat DSFI lebih mudah menjangkau pasokan ikan dari daerah tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×