kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Emiten ritel siap meraup berkah Natal


Senin, 09 Oktober 2017 / 08:50 WIB
Emiten ritel siap meraup berkah Natal


Reporter: Elisabet Lisa Listiani Putri | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki kuartal akhir di tahun ini, emiten ritel mulai mempersiapkan diri menyambut natal dan tahun baru. Selain lebaran, penjualan di kala Natal memang menjadi andalan untuk menopang penjualan tahunan.

PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) misalnya, sudah mulai menambah stok barang yang akan dijual selama masa Natal. "Jumlahnya bisa sampai dua kali lipat dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Terutama untuk lokasi-lokasi yang masyarakatnya merayakan Natal," ujar Fernando Repi, Manajer Korporasi Korporat MPPA kepada KONTAN, Minggu (8/10).

Penambahan jumlah stok barang untuk natal biasanya juga akan sejalan dengan potensi kenaikan pendapatan di momen tahunan itu. Selain menambah stok barang, MPPA juga gencar mendorong promosi menjelang natal dan tahun baru.

Bahkan, perusahaan milik Grup Lippo ini bersiap menarik pengunjung dengan berbagai diskon khusus. Sehingga harapannya, pendapatan pun bisa meningkat dua kali lipat dibandingkan bulan-bulan biasanya. 

Reza Priyambada, Analis Binaartha Parama Sekuritas, mengatakan, biasanya belanja masyarakat memang naik di akhir tahun. Tapi, peningkatan penjualannya tak akan sebesar peningkatan penjualan di saat Lebaran. "Perayaan natal bisa berpengaruh ke penjualan, tapi tidak sebesar saat lebaran," kata Reza. 

Lagi pula, tak semua emiten ritel bakal kecipratan kado akhir tahun ini. Christine Natasya, Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia, mengatakan, hanya emiten tertentu yang bisa merasakan kenaikan penjualan di momen natal tersebut, terutama mereka yang memiliki produk-produk unggulan. "Salah satu emiten yang akan terpengaruh positif dari sentimen ini misalnya saja PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI)," tambah Christine.

Kekhawatiran daya beli

Reza menambahkan, saat ini emiten ritel masih dihantui penurunan daya beli masyarakat yang sudah terlihat pada penjualan sepanjang lebaran lalu. Selain itu, ada perpindahan gaya berbelanja  masyarakat menjadi belanja online.

Tapi, ada beberapa saham emiten ritel yang bisa dipertimbangkan untuk mengisi keranjang investasi. Reza merekomendasikan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) dan PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) yang kinerjanya cukup positif. Reza juga melihat peluang yang bagus untuk PT Ace Hardware Tbk (ACES) dan MAPI.

Sementara itu, Christine lebih menjagokan ACES, lantaran emiten ini berhasil mencetak penjualan yang kuat sepanjang Agustus lalu. Pada periode itu, pendapatan ACES mencapai Rp 3,5 triliun, atau naik 16,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Karena itulah, Christine merekomendasikan trading buy untuk saham ACES dengan target harga Rp 1.330 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×