kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erick Thohir Bakal Bentuk Holding dan Subholding PLN


Rabu, 19 Januari 2022 / 15:21 WIB
Erick Thohir Bakal Bentuk Holding dan Subholding PLN
ILUSTRASI. PLN. ANTARA FOTO/Indrayadi TH


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Upaya restrukturisasi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus bergulir. Terbaru, Menteri BUMN Erick Thohir memastikan rencana pembentukan holding dan subholding PT Perusahaan Listrik Negara.

Erick menjelaskan, berkaca dari kebijakan larangan ekspor batubara yang berlangsung saat ini, terlihat jelas posisi Indonesia sebagai salah satu pemasok batubara utama untuk pasar internasional.

Dalam upaya mengoptimalkan pasar serta memperbaiki peta jalan energi, pemerintah pun juga berencana melakukan transformasi di PLN. "Ini bukan berarti kita mau melakukan liberalisasi, kita mau transformasi untuk memastikan pelayanan kelistrikan lebih baik," ungkap Erick dalam Konferensi Pers Virtual, Rabu (19/1).

Baca Juga: Kementerian ESDM Memastikan Pasokan Batubara untuk PLTU Mulai Membaik

Sementara itu, Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury menjelaskan, upaya pembentukan holding dan subholding di PLN bertujuan untuk mengoptimalisasi bisnis yang ada. Selain itu, ada tantangan kebutuhan pengembangan EBT ke depannya. 

"Jadi kinerja bisa lebih transparan dan bagaimana pengembangan EBT-nya. Ini bagaimana ini semua bisa dilakukan sambil kita bisa transformasi memang salah satunya melalui pembentukan holding dan subholding di PLN," ungkap Pahala. 

Pahala menjelaskan, nantinya transformasi PLN bakal difokuskan pada target pengembangan lini bisnis yang ada seperti pembangkitan, transmisi. Secara khusus, untuk transmisi pemerintah menilai ada peluang untuk pengembangan lanjutan. Indonesia dinilai punya peluang untuk mengekspor listrik ke negara lain. "Ini dioptimalkan salah satunya dari sisi end to end value chain-nya," kata Pahala.

Lebih lanjut, untuk arahan saat ini maka fokus perdagangan akan dilakukan oleh PLN. Akan tetapi, aspek logistik dan tambang yang telah dimiliki oleh PLN juga bakal tetap dikembangkan ke depannya melalui pengembangan pembangkit mulut tambang.




TERBARU

[X]
×