kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45993,60   -993,60   -100.00%
  • EMAS1.193.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ESDM: 10 juta orang belum menikmati listrik


Jumat, 09 Februari 2018 / 23:45 WIB
ESDM: 10 juta orang belum menikmati listrik


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - TAKALAR. Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Rida Mulyana mengatakan sekitar 10 juta rakyat Indonesia belum menikmati aliran listrik, padahal Indonesia merdeka sejak 72 tahun lalu.

"Masih ada 10 juta orang pakai penerangan minyak damar atau minyak tanah sehingga negara harus hadir untuk sediakan listrik yang belum terjangkau PT PLN," kata Rida Mulyana di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Jumat (9/2).

Saat menyerahkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), termasuk jaringan listrik 422 rumah di Desa Balangdatu, Kecamatan Mappakasunggu, Takalar kepada Pemkab Takalar, Rida Mulyana mengatakan bahwa warga yang belum menikmati listrik itu tersebar di 2.500 desa.

"Selama 72 tahun merdeka, masih ada 2.500 desa belum lihat bola lampu, apalagi merasakan penerangan listrik," katanya.

Ia mengatakan bahwa masih ada warga belum menikmati listrik merupakan ketidakadilan karena orang Jakarta sudah pakai listrik puluhan tahun, bahkan cenderung boros.

"Pak Menteri ESDM minta agar energi bisa dinikmati seluruh rakyat Indonesia dengan harga terjangkau," katanya.

Untuk menjangkau warga yang belum memiliki listrik, Kementerian ESDM telah membangun 600 PLTS dan masih banyak lagi akan dibangun dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

Jika di daerah ada sumber air, kata dia, akan dibangun pembangkit listrik mikrohidro. Namun, tidak ada sungai maka dibangun PLTS seperti di Desa Balangdatu.

Rida Mulyana juga meminta PLTS di Balangdatu dipelihara dengan baik agar bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang, bahkan dia minta agar warga membayar iuran listrik sebagai biaya pemeliharaan.

PLTS di Balangdatu dibangun 2016 dan mulai dinikmati 422 kepala keluarga sejak 2017 sehingga warga kini bisa menikmati listrik pada malam hari.

Karena PLTS hanya berkapasitas maksimal 100 kilovolt, tiap rumah hanya mendapatkan daya 300 watt. Namun, telah bisa untuk menyalakan televisi, laptop, dan komputer.

Kementerian ESDM tidak hanya membangun PLTS dan jaringan distribusi ke rumah, tetapi juga memberikan dua lampu tiap rumah dan lampu penerangan jalan desa.

Untuk mengoperasikan PLTS, dua warga Desa Balangdatu telah dipilih sebagai operator bahkan telah mendapatkan pelatihan di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×