kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ESDM bagikan paket perdana konverter kit nelayan


Jumat, 10 November 2017 / 21:35 WIB
ESDM bagikan paket perdana konverter kit nelayan


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), membagikan paket perdana konverter kit (konkit) gratis sebanyak 2.005 paket kepada nelayan kecil Cilacap.

Program pemberian bantuan konverter kit (konkit) bagi nelayan kecil merupakan program kemitraan antara Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan Komisi VII DPR RI untuk mensejahterakan rakyat dengan menyediakan bahan bakar murah.

Program pemberian bantuan konverter kit (konkit) bagi nelayan kecil sejalan dengan semangat Nawacita Bapak Presiden Joko Widodo, selain program BBM Satu Harga yang sedang dijalankan. Program ini merupakan wujud dari keinginan Bapak Presiden untuk membantu rakyat kecil untuk lebih sejahtera.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban Pemerintah untuk membangun infrastruktur energi termasuk jaringan gas bagi rumah tangga. Pembagian konverter kit ini akan menghemat biaya bahan bakar nelayan hingga 50% sehingga diharapkan para nelayan dapat lebih sejahtera,” ujar Dirjen Migas Kementerian ESDM, Ego Syahrial, melalui siaran tertulis yang diterima, Jumat (10/11).

Khusus untuk nelayan di Cilacap, pemerintah mengalokasikan bantuan konkit sebanyak 2.005 paket. jumlah ini menurut Ego adalah yang terbanyak jika dibandingkan dengan wilayah-wilayah lain yang mendapatkan bantuan konkit.

“Kabupaten Cilacap mendapat porsi yang paling banyak dari Alokasi bantuan konverter kit, dari 17.000 paket yang tersedia sekitar 3.000 paket diberikan untuk nelayan Cilacap. Tahun 2018 mendatang dari alokasi 40.000 paket konkit, nelayan Cilacap setidaknya akan mendapat 2.000 paket,” terangnya.

Selanjutnya kepada nelayan penerima bantuan, Ego meminta agar dapat menjaga konverter kit yang sudah diberikan sehingga dapat dipergunakan dalam watu yang panjang.

“Saya menghimbau kepada semua yang ada di sini untuk bisa memelihara seluruh peralatan dan mesin - mesin yang diberikan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat digunakan sesuai kebutuhan dan keberlangsungannya bisa lebih panjang,” pesan Ego.

Anggota Komisi VII DPR RI, Dito Ganinduto menyatakan, program pembagian konkit ini merupakan program kemitraan antara komisi VII DPR RI dengan Kementerian ESDM bagi nelayan agar lebih hemat untuk melaut dan program konversi BBM ke gas ini juga merupakan upaya Pemerintah untuk mensejahterakan rakyat seusai amanah dari Presiden.

“Tahun ini dialokasikan konkit sebanyak 17.000 paket, 2005 paket untuk Cilacap. Tahun depan dialokasikan sebanyak 40.000 konkit semoga nelayan Cilacap akan mendapat bagian lagi,” katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×