kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Evercoss bersiap tambah pabrik ponsel di Semarang


Rabu, 26 November 2014 / 21:16 WIB
Evercoss bersiap tambah pabrik ponsel di Semarang


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

SEMARANG. Pemegang merek dagang gadget Android Evercoss, PT Aries Indo Global pada Juni lalu telah memulai proses produksi di pabrik di Kawasan Industri Terboyo, Semarang, Jawa Tengah. Fasilitas perakitan yang menempati lahan seluas 2,5 hektar dan mempekerjakan sekitar 350 orang karyawan itu disebut memiliki kapasitas produksi 500.000 unit gadget per bulan.

Kemampuan produksi tersebut nantinya akan dikembangkan lewat pembangunan pabrik lain di lokasi berbeda di kota Semarang, tepatnya di Bukit Baru Semarang (BSB) City di atas sebuah lahan seluas 8 hektar.

Mario Eko Suryo, Manager Operasional PT Aries Indo Global menerangkan bahwa total lahan yang dimiliki pihaknya di area tersebut adalah 13 hektar, namun arah pengembangan untuk sisa 5 hektar masih belum ditentukan.

Pabrik baru Evercoss di BSB City sendiri hingga kini masih berupa tanah kosong alias belum dibangun. "Sekarang sedang proses clearing, diratakan karena area ini topografinya tidak rata," kata Ario saat mengajak rombongan wartawan, termasuk Kompas Tekno, mengunjungi area pabrik, Rabu (26/11).

Dari pantauan Kompas Tekno di lokasi, area yang terletak persis di seberang pabrik PT GS Battery itu memang tampak berbukit-bukit. Dua buah alat berat terparkir di sebagian lahan yang sudah diratakan. Menurut pihak Evercoss, plang kuning (IMB, Izin Mendirikan Bangunan) sudah diperoleh namun masih belum terpasang.

Mario menjelaskan nantinya pabrik baru ini diharapkan bisa menyerap tenaga kerja sekitar 2.500 orang yang akan terlibat di berbagai lini produksi, termasuk produksi komponen gadget yang selama ini mesti diimpor dari Tiongkok. "Kalau bisa, seperti industri lain, kita ingin bisa dari hulu hingga ke hilir," kata dia.

Mengenai kapan pabrik baru itu akan selesai dibangun, Mario mengaku belum bisa mengungkapkan jadwal pastinya. "Untuk 2015, kami targetkan untuk mematangkan blueprint terlebih dahulu sambil terus direvisi. Soalnya kami bikin pabrik ini bukan asal pabrik, tapi juga turut benchmark dengan pabrik di Tiongkok," (Oik Yusuf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×