kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Festival Perahu Naga diyakini bakal pikat wisatawan


Kamis, 12 Juli 2018 / 12:21 WIB
ILUSTRASI.


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai pagelaran seru akan diselenggarakan sepanjang bulan Juli 2018. Salah satunya Festival Perahu Naga di Laguna Pantai Depok, Kabupaten Bantul. Sebanyak 20 tim akan bersaing di kompetisi yang digelar 14-15 Juli 2018.

Festival Perahu Naga diselenggarakan atas kerjasama antara Dinas Pariwisata Bantul, Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) DIY dan Bantul, Komunitas Jogjakarta Chinese Art and Culture Centre (JCACC), dan Pokdarwis Depok.

Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana menyatakan Festival Perahu Naga diharapkan mampu menggali potensi wisata di kawasan Laguna Pantai Depok, Bantul. Event ini juga harus dikemas untuk menjadi atraksi wisata yang menarik.

“Kegiatan ini untuk mendukung peningkatan peran komunitas dan masyarakat dalam pengembangan kepariwisataan di DIY. Selain itu, memberi wadah kreativitas dan inovasi serta mengakomodir ekspresi dan prestasi para penggemar olahraga dayung,” ujar Pitana dalam keterangan yang diterima KONTAN, Kamis (12/7).

Menurut Pitana, festival ini juga berpotensi meningkatkan kontribusi pendapatan asli daerah dan merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menjelaskan 20 tim yang akan bertanding di Laguna Pantai Depok berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan luar DIY. “Ada 16 tim yang berasal dari DIY, sisanya berasal dari Jakarta, Pati, Semarang, dan Blora. Mereka akan bertanding di lintasan sepanjang 500 meter untuk meraih trofi Gubernur DIY dan uang pembinaan total Rp 100 juta,” ujar Kwintarto.

Kwintarto menyebutkan, selain lomba perahu naga, event ini juga diramaikan live music, serta pertunjukan liong dan barongsai di atas perahu. Menurutnya, pertunjukan ini akan cukup menarik banyak wisatawan dan warga setempat yang menyaksikan.

“Harapannya agar didapatkan bibit-bibit atlet dayung dari sini, pariwisata di laguna Depok ini juga makin berkembang, selain itu juga untuk melestarikan tradisi Peh Cun ini,” sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×