Freeport di mata suku Amungme dan Kamoro

Kamis, 16 Maret 2017 | 22:15 WIB Sumber: Antara
Freeport di mata suku Amungme dan Kamoro


JAKARTA. Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (Lemasko) mendukung PT Freeport Indonesia beroperasi kembali, karena telah memberikan manfaat positif bagi rakyat Papua.

Wakil Ketua I Lemasko Gerry Okoare mengatakan, dukungan tersebut sekaligus membantah informasi sebelumnya yang menyebutkan dalam pertemuan perwakilan Lemasko di Kementerian ESDM beberapa waktu lalu, lembaga adat tersebut menginginkan Freeport ditutup.

"Kami atas nama Lemasko, mewakili masyarakat Suku Kamoro dari Nakai sampai ke Waripi berkomitmen mendukung Freeport untuk beroperasi kembali," ujarnya, Kamis (16/3).

Lebih lanjut Gerry mengatakan, Freeport telah memberikan dampak positif terhadap pembangunan di Mimika melalui program pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Oleh karena itu, menurut dia, semua pihak jangan menyalahkan Freeport dan semestinya bersyukur karena telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Papua, khususnya Suku Amungme dan Kamoro, serta lima suku kekerabatan lainnya.

Gerry pun berharap Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan datang langsung ke Mimika, sehingga mengetahui kondisi yang terjadi sekarang ini.

Ia mengatakan, pembicaraan persoalan Freeport harus dilakukan bersama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat adat di Mimika sebagai pemilik hak ulayat.

Menurut dia, polemik kedua belah pihak itu telah berdampak negatif pada masyarakat kecil Mimika yang bergantung pada keberadaan Freeport.

"Mari bersama-sama melihat kepentingan masyarakat di sini terhadap permasalahan Freeport ini, sehingga masyarakat di daerah ini tidak terkena masalah di kemudian hari," katanya.

Menurut data kajian Lembaga Pengembangan Ekonomi Masyarakat (LPEM) UI pada 2013, kehadiran Freeport berkontribusi 91% terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Mimika, 38% kepada PDRB Papua, 1,7% dari total APBN, 0,8% dari seluruh pendapatan rumah tangga nasional, dan 44% dari pemasukan rumah tangga di Provinsi Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru