kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng Credit Saison, Grab buka layanan pinjaman usaha


Selasa, 13 Maret 2018 / 15:23 WIB
Gandeng Credit Saison, Grab buka layanan pinjaman usaha
Peluncuran Grab Financial


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Grab Asia Tenggara mengumumkan kerjasama dengan perusahaan kartu kredit Jepang Credit Saison Co Ltd untuk memberikan layanan pinjaman di wilayah Asia Tenggara. Hal ini menandai perluasan bisnis perusahaan ke layanan keuangan.

Managing Director Grab Financial Jason Thompson mengatakan, kerjasama ini adalah bagian awal dari pendirian Grab Financial. Bisnis Grab yang baru ini menawarkan layanan mulai dari pembayaran hingga penghargaan dan layanan loyalitas.

Ia mengatakan, perusahaan patungan ini berencana menawarkan produk pembiayaan mikro. Tujuannya adalah untuk memanfaatkan jaringan Grab dari jutaan konsumen dan usaha kecil serta data tentang perilaku konsumen yang kemudian digabungkan dengan keahlian Credit Saison dalam analisis kredit dan pinjaman konsumen.

“Selama ini, kerjasama dengan Kudo, sudah lebih dari 5 juta pengusaha mikro kami bantu per Januari 2018. Ini adalah pemberitahuan perdana kami,” kata Jason di acara Money 20/20 di Marina Bay Sands Convention Hall, Singapura, Selasa (13/3).

Dalam kesempatan yang sama, Co-founder and Chief Executive Officer Grab Anthony Tan mengatakan, banyak pihak yang masih belum terjamah layanan keuangan di Asia Tenggara. Oleh karena itu, Grab melihat adanya peluang pembiayaan mikro.

“Contohnya seorang pemilik warung yang menjadi mitra kami, Ibu Sumiyati. Dia hampir bangkrut dan penghasilan sehari-harinya sangat minim. Setelah menjadi mitra kami, keuangan beliau perlahan pulih dan ingin ekspansi, tetapi tidak ada akses untuk membuka bisnis lebih besar lantaran tak ada pemodal,” kata Anthony.

Selain dengan Credit Saison, Grab juga mengumumkan, telah bermitra dengan Chubb Ltd untuk menawarkan pertanggungan asuransi kepada 2,6 juta driver Grab.

Asal tahu saja, Grab kini beroperasi di delapan negara di Asia Tenggara dan aplikasinya telah diunduh di lebih dari 86 juta perangkat seluler. Selama ini, selain transportasi, Grab juga menawarkan layanan makanan dan pengiriman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×