Gempa di Tasik, PT KAI pastikan jalur kereta aman

Sabtu, 16 Desember 2017 | 16:56 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa di Tasik, PT KAI pastikan jalur kereta aman


GEMPA - BANDUNG. PT Kereta Api Indonesia ( KAI) Daerah Operasi 2 Bandung pastikan jalur kereta bisa dilalui dengan aman pasca gempa bumi tektonik 6,9 SR di Tasikmalaya, Jumat (15/12) malam.

"Jalur  kereta sudah kami pastikn aman ," kata Humas PT KAI Daop2 Bandung, Joni Martinus yang dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/12).

Setelah gempa, PT KAI langsung mengerahkan regu siaga yang langsung turun ke lapangan untuk memeriksa kondisi prasarana di wilayah Daop 2 Bandung, seperti kondisi jalan rel, jembatan, terowongan, stasiun, dan persinyalan.

"Alhamdulillah semuanya dalam keadaan baik dan tetap aman untuk operasional kereta api,” ungkap Joni.

Menurut Joni, sampai saat ini kondisi semua prasarana kereta api di wilayah Daop 2 terutama di jalur yang dekat dengan pusat gempa dalam keadaan aman. Meskipun begitu, http://regional.kompas.com/read/2017/12/16/15482381/gempa-tasikmalaya-pt-kai-pastikan-jalur-kereta-aman-dilaluipihaknya tetap memantau kondisi tersebut, dan menjadi perhatian pihak PT KAI.

Untuk itu, para petugas pemeriksa rutin dan petugas tambahan tetap disiagakan di seluruh lintas.

“Masyarakat tidak perlu khawatir, kondisi jalur kereta api tetap aman untuk dilintasi. Untuk korban bencana gempa, PT KAI mengucapkan bela sungkawa sebesar-besarnya dan berharap semua tetap waspada dan siaga. Simak informasi dari lembaga resmi jangan sampai termakan hoax yang banyak dimuat di media sosial sesaat setelah gempa terjadi,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, gempa mengguncang Selatan Jawa sebanyak dua kali. Gempa pertama dengan Magnitudo 7,3 di Selatan Tasikmalaya pada Jumat (15/12/2017), beberapa menit kemudian pukul 23.47 WIB, Tasikmalaya kembali diguncang dengan Magnitudo 6,9.

Guncangan tersebut terasa ke beberapa daerah, seperti Ciamis, Pangandaran, Cilacap, Banyumas, Semarang, Depok, dan lainnya, bahkan di informasikan merusak sejumlah rumah warga dan bangunan hingga memakan korban jiwa. (Agie Permadi)


Berita ini sudah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Gempa Tasikmalaya, PT KAI Pastikan Jalur Kereta Aman Dilalui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru