kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Geser Rolex, Apple Watch jadi arloji nomor 1 dunia


Jumat, 15 September 2017 / 14:29 WIB
Geser Rolex, Apple Watch jadi arloji nomor 1 dunia


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - Apple Watch disebut sebagai produsen arloji nomor satu di dunia. Perlu digarisbawahi, cakupannya bukan cuma untuk arloji pintar alias smartwatch tapi arloji secara keseluruhan.

Setidaknya begitu klaim CEO Apple, Tim Cook, di atas panggung peluncuran lini iPhone teranyar beberapa saat lalu. Kendati begitu, Apple belum mengumbar angka pasti penjualan Apple Watch.

Menurut Tim Cook, penjualan Apple Watch naik 50% dari tahun ke tahun. Menurut estimasi firma Canalys, Apple Watch terjual 11,9 juta unit sepanjang 2016.

Jika dihitung kasar, bisa jadi 2017 ini penjualan Apple Watch membengkak jadi sekitar 18 jutaan unit. Hal ini belum diiyakan atau dibantah sang raksasa asal Cupertino.

Mengalahkan Rolex

Tim Cook sesumbar, Apple Watch telah mengalahkan penjualan Rolex yang selama ini merupakan raksasa arloji dunia nomor wahid. Sebelumnya, pada 2016 lalu, Tim Cook sempat berucap bahwa Apple Watch sudah di posisi kedua.

Menurut laporan, industri arloji Swiss memang tengah terseok-seok menghadapi gencarnya persaingan. Secara total, penjualan kolektif mereka turun 10% dari tahun ke tahun, termasuk Rolex di dalamnya.

Apple Watch sendiri semakin populer ketika merilis perangkat generasi kedua tahun lalu. Kala itu Apple bertekad menjadikan lini Watch sebagai aksesori fesyen, bukan sekadar gadget teknologi, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (15/9/2017) dari BusinessInsider.

Hal ini diwujudkan dengan membuat desain Apple Watch 2 yang lebih catchy dan fashionable, hingga merangkul merek fesyen kawakan seperti Hermes dan Nike. Alhasil, Apple Watch mudah mengukuhkan posisi dan bersaing dengan Fitbit serta Xiaomi di industri wearable.

Baru-baru ini Apple Watch generasi ketiga diluncurkan dengan inovasi signifikan. Antara lain bisa terkoneksi dengan jaringan seluler LTE dan GPS secara mandiri, sehingga tak perlu bergantung dengan iPhone.

Ini adalah yang pertama pada sebuah smartwatch. Seperti apa inovasi ini mendongkrak penjualan Apple Watch? Kita tunggu saja.

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul Geser Rolex, Apple Watch Jadi Arloji Nomor 1 di Dunia




TERBARU

[X]
×