kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grab dapat pendanaan dari Toyota Rp 14 triliun


Senin, 18 Juni 2018 / 00:31 WIB
Grab dapat pendanaan dari Toyota Rp 14 triliun
ILUSTRASI. Upaya Grab Tingkatkan Keselamatan Pengguna


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Toyota dikabarkan telah mengucurkan dana investasi sebesar US$ 1 miliar atau setara Rp 14 triliun, kepada perusahaan ride hailing Grab. Sebagai imbal investasi tersebut, Toyota akan mendapatkan kursi di dewan direksi Grab, sekaligus kesempatan untuk menempatkan petingginya sebagai salah satu eksekutif Grab.

Sementara itu, Grab sendiri mengatakan bakal memanfaatkan kerja sama dengan Toyota tersebut untuk mendorong upaya mengatasi masalah kemacetan lalu lintas di Asia Tenggara.

Aspek lain dari kucuran dana tersebut, sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Minggu (17/6), adalah terbentuknya kerja sama yang lebih erat antara Grab dengan Toyota Mobility Service Platform (MSPF). 

Adapun perusahaan tersebut bergerak di bidang asuransi berbasis pengguna, paket keuangan tipe baru, serta layanan perawatan kendaraan.

“Bersama Grab, kami akan maju untuk mengembangkan layanan yang lebih menarik, nyaman, serta aman bagi para pengguna di Asia Tenggara," ujar Executive Vice President Toyota, Shigeki Tomoyama. 

Sumber yang dekat dengan kedua perusahaan menyebutkan bahwa kucuran pendanaan kali ini membuat valuasi Grab meningkat hingga US$ 10 miliar atau setara Rp 140 triliun.

Sebelumnya, Toyota juga pernah mengucurkan dana ke Grab. Namun, saat itu aliran dana dilakukan melalui Next Technology Fund. Sedangkan pendanaan kali ini berbeda karena dilakukan langsung oleh perusahaan induk.

Ronde pendanaan kali ini mengikuti ronde pendanaan US$ 2,5 miliar yang dipimpin oleh Softbank dan Didi Chuxing, dan ditutup pada awal 2018. Grab sendiri mengakui adanya ronde pendanaan tersebut, tetapi tidak menjelaskan siapa saja yang mengucurkan dana tambahan.

Sementara itu, Softbank dan Didi Chuxing sendiri merupakan investor lama Grab yang turut serta pada sesi pendanaan 2 miliar dollar AS pada 2017 lalu. (Yoga Hastyadi Widiartanto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Grab Dapat Pendanaan Rp 14 Triliun dari Toyota"


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×